RR DIAN TRISTIANA


Thing That Never Change is Changes

Beban keluarga (2)

Faktor Yang Mempengaruhi Beban Keluarga

            Penderita skizofrenia khususnya yang mengalami gejala perilaku kekerasan merupakan beban bagi keluarga. Beban keluarga ini dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu:
Perjalanan penyakit
            Penderita skizofania sering mengalami ketidakmampuan seperti merawat diri, berinteraksi sosial, sehingga sangat bergantung kepada keluarga yang akan menjadi beban baik subyektif maupun obyektif (Kaplan dan Sadock, 2004). Gajala positif dan negatif klien skizofrenia berperan dalam beratnya beban caregiver, semakin tinggi skor sindrom positif dan negatif skizofrenia maka semakin berat beban yang dirasakan (Hawari, 2009)
Stigma
         Pada kehidupan bermasyarakat, seseorang anggota keluarga menderita skizofrenia dianggap sebagai penyakit yang memalukan dan merupakan aib bagi keluarga dan sering dianggap sebagai ancaman mengganggu keamanan sekitarnya. Selama bertahun-tahun dikucilkan di dalam masyarakat. Penyakit mental masih menganggap kesalahahaman, prasangka, kebingungan, ketakutan di tengah-tengah masyarakat (Hawari, 2009).
Pelayanan kesehatan
         Pelayanan kesehatan khususnya kesehatan mental merupakan sarana yang penting dalam melakukan perawatan terhadap skizofrenia. Kemudahan keluarga membawa klien ke pelayanan kesehatan akan mengurangi beban keluarga dalam merawat, begitu juga sebaliknya, jika pelayanan kesehatan  khususnya mental tidak tersedia atau sulit dijangkau akan  menyebabkan keadaan klien lebih buruk yang akan menjadi beban bagi keluarga yang merawat (Angiananda, 2006).
Pengetahuan terhadap penyakit
    Pengetahuan keluarga tentang skizofrenia dan cara perawatannya sangat mempengaruhi proses fikir keluarga. Keluarga yang memiliki pengetahuan yang baik akan meringankan beban keluarga dalam merawat riwayat perilaku kekerasan (Angiananda, 2006).
 Ekspresi emosi
           Ekspresi emosi adalah keadaan individu yang terbuka dan sadar akan perasaan dan dapat berpartisipasi dengan dunia eksternal dan internal (Keliat, 2006). Angiananda (2006) menemukan bahwa emosi keluarga berkaitan dengan pengetahuan menyebabkan emosi tinggi karena merasa terbebani dengan perilaku klien.

Ekonomi
        Faktor ekonomi merupakan salah satu faktor yang paling penting dalam penilaian beban keluarga. Perawatan klien skizofrenia membutuhkan waktu yang lama sehingga membutuhkan biaya yang banyak.

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :