RR DIAN TRISTIANA


Thing That Never Change is Changes

faktor predisposisi depresi postpartum

Beberapa faktor predisposisi terjadinya depresi postpartum adalah sebagai berikut:

  1. Perubahan hormonal yang cepat (hormon prolaxtin, steroid, progesterone dan ekstrogen).
  2. Masalah medis dalam kehamilan (Diabetes melitus, disfungsi tiroid).
  3. Karakter pribadi (harga diri, ketidakdewasaan).
  4. Marital dysfunction atau  ketidakmampuan membina hubungan dengan orang lain.
  5. Riwayat depresi, penyakit mental dan alkoholik.
  6. Unwanted pregnancy.
  7. Terisolasi.
  8. Kelemahan gangguan tidur, ketakutan terhadap masalah keuangan keluarga, kelahiran anak dengan kecacatan/penyakit (Nasution, 2011).

Menurut Kruckman, terjadinya depresi paska melahirkan dipengaruhi oleh faktor biologis, yaitu perubahan hormon yang terjadi pada masa paska melahirkan, yang meliputi:

  1. Faktor umur, faktor usia perempuan yang bersangkutan saat kehamilan dan persalinan seringkali dikaitkan dengan kesiapan mental perempuan tersebut untuk menjadi seorang ibu.
  2. Faktor pengalaman, depresi paska melahirkan ini lebih banyak ditemukan pada perempuan primipara, mengingat bahwa peran seorang ibu dan segala yang berkaitan dengan bayi merupakan situasi yang samasekali buruk bagi ibu.
  3. Faktor pendidikan, Ibu yang berpendidikan tinggi menghadapi tekanan sosial dan konflik peran, antara tuntutan sebagai ibu yang bekerja dan ibu rumah tangga.
  4. Faktor selama proses persalinan, hal ini mencakup lamanya persalinan serta intervensi medis yang digunakan selama proses persalinan.
  5. Faktor dukungan sosial, banyaknya kerabat yang membantu pada saat kehamilan, persalinan dan paska persalinan, beban seorang ibu akan berkurang (Rusli, 2011).

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :