RR DIAN TRISTIANA


Thing That Never Change is Changes

Telenursing

Tele-Nursing
       Telenursing adalah bagian dari telehealth yang terjadi ketika perawat memenuhi kebutuhan dasar klien dengan menggunakan teknologi informasi, komunikasi dan web based system (Kawaguchi & Ohta 2004). Telenursing adalah penggunaan telekomunikasi untuk menyediakan asuhan keperawatan saat menggunakan informasi dan data dari jarak jauh (Williams et al. 2012).
          Telenursing merupakan praktik keperawatan berupa komunikasi antara pasien dan perawat yang bergantung pada manusia, keuangan, dan teknologi yang digunakan (Jonsson & Willman 2009). Teknologi yang dapat digunakan dalam telenursing sangat bervariasi, meliputi: telepon (land line dan telepon seluler), Personal digital assistans (PDAs), mesin faksimil, internet, video dan audio conferencing, teleradiologi, sistem informasi komputer bahkan melalui telerobotic (Scotia 2008).

          SMS (Short Message Service) merupakan protokol telekomunikasi yang memungkinkan kita mengirim pesan pendek (sebanyak 160 karakter) berupa karakter alfanumerik (Nurlaela 2013). Layanan pesan singkat (SMS) atau pesan teks adalah fitur komunikasi antara mobile, web atau komunikasi telepon sistem yang memungkinkan pertukaran
pesan singkat antara ponsel atau perangkat lain. Efektifitas biaya dan aksesibilitas mudah telah membuat SMS menjadi salah satu jalur komunikasi yang paling banyak digunakan di dunia (Shu'aibu, Dankyau & Sule 2015).
             Penelitian tentang penggunaan layanan pesan singkat pengingat untuk meningkatkan kepatuhan telah menunjukkan bahwa penggunaan layanan pesan singkat lebih inovatif dan memiliki efektifitas biaya (Wells 2011). Penggunaan aplikasi layanan pesan singkat pengingat lebih mudah untuk peningkatankepatuhan dalam pengobatan (Roux et al. 2011).

 

Baca Juga: Telephone nursing, Telehomecare, prinsip Telenursing, hubungan telenursing telephone nursing dan telehomecare

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :