RR DIAN TRISTIANA


Thing That Never Change is Changes

Pelayanan Kesehatan

Definisi Pelayanan Kesehatan

      Pelayanan merupakan suatu aktivitas atau serangkaian alat yang bersifat tidak kasat mata (tidak dapat diraba), yang terjadi akibat interaksi antara konsumen dengan karyawan atau hal-hal lain yang disediakan oleh perusahaan pemberi pelayanan yang dimaksudkan untuk memecahkan persoalan konsumen (Gronroos, 1990 dalam Ratminto dan Winarsih, 2005). Pemanfaatan pelayanan kesehatan adalah pengunaan fasilitas pelayanan yang disediakan baik dalam bentuk rawat jalan, rawat inap, kunjungan rumah oleh petugas kesehatan ataupun bentuk kegiatan lain dari pemanfaatan pelayanan tersebut yang didasarkan pada ketersediaan dan kesinambungan pelayanan, penerimaan masyarakat dan kewajaran, mudah dicapai oleh masyarakat, terjangkau serta bermutu (Azwar, 1999).

Faktor yang Mempengaruhi Pelayanan Kesehatan

     Menurut WHO (1984) dalam Juanita (1998) menyebutkan bahwa faktor prilaku yang mempengaruhi penggunaan pelayanan kesehatan adalah:

1. Pemikiran dan Perasaan (Thoughts and Feeling): Berupa pengetahuan, persepsi, sikap, kepercayaan dan penilaian-penilaian seseorang terhadap obyek, dalam hal ini obyek kesehatan.

2. Orang Penting sebagai Referensi (Personal Referensi): Seseorang lebih banyak dipengaruhi oleh seseorang yang dianggap penting atau berpengaruh besar terhadap dorongan penggunaan pelayanan kesehatan.

3. Sumber-Sumber Daya (Resources) Mencakup fasilitas, uang, waktu, tenaga, dan sebagainya. Sumber-sumber daya juga berpengaruh terhadap prilaku seseorang atau kelompok masyarakat dalam memanfaatkan pelayanan kesehatan. Pengaruh tersebut dapat bersifat positif dan negatif.

4. Kebudayaan (Culture) Berupa norma-norma yang ada di masyarakat dalam kaitannya dengan konsep sehat sakit.

Syarat pokok pelayanan kesehatan


1. Yohanes Pemandi Doka

pada : 26 March 2017

"Selamat Malam bu....
Pada topik tentang kmunikasi antar faskes, saya menggunakan penelitian kualitatif,yaitu :

1. Pertanyaan Penelitian
Bagaimanakah persepsi perawat terhadap efekstifitas penggunaan Sisten komunikasi daerah dalam mendukung upaya kesehatan di puskesmas ?

2. Desain Penelitian
Menggunakan metode fenomenologi dengan tujuan untuk mendapatkan penjelasan tentang realitas yang ada.

3. Teknik Sampling
Teknik yang digunakan adalah Pusrposive sampling karena diperlukan data yang detail dari responden yang punya kompeten dan kapasitas sehingga informasi yang diberikan jelas.

4. Teknik pengambilan data
Teknik yang digunakan adalah dengan metode wawancara agar narasumber dapat memberikan informasi terhadap masalah yang sedang diteliti.

5. Analisa data
Analisa data dilakukan saat dimulainya peneliti mengumpulkan data hasil wawancara.

Sekian dan saya ucapkan terima kasih.
"


2. Yohanes Pemandi Doka

pada : 26 March 2017

"Selamat Malam bu....
Pada topik tentang kmunikasi antar faskes, saya menggunakan penelitian kualitatif,yaitu :

1. Pertanyaan Penelitian
Bagaimanakah persepsi perawat terhadap efekstifitas penggunaan Sisten komunikasi daerah dalam mendukung upaya kesehatan di puskesmas ?

2. Desain Penelitian
Menggunakan metode fenomenologi dengan tujuan untuk mendapatkan penjelasan tentang realitas yang ada.

3. Teknik Sampling
Teknik yang digunakan adalah Pusrposive sampling karena diperlukan data yang detail dari responden yang punya kompeten dan kapasitas sehingga informasi yang diberikan jelas.

4. Teknik pengambilan data
Teknik yang digunakan adalah dengan metode wawancara agar narasumber dapat memberikan informasi terhadap masalah yang sedang diteliti.

5. Analisa data
Analisa data dilakukan saat dimulainya peneliti mengumpulkan data hasil wawancara.

Sekian dan saya ucapkan terima kasih.
"


3. Yohanes Pemandi Doka

pada : 26 March 2017

"Selamat Malam bu....
Pada topik tentang kmunikasi antar faskes, saya menggunakan penelitian kualitatif,yaitu :

1. Pertanyaan Penelitian
Bagaimanakah persepsi perawat terhadap efekstifitas penggunaan Sisten komunikasi daerah dalam mendukung upaya kesehatan di puskesmas ?

2. Desain Penelitian
Menggunakan metode fenomenologi dengan tujuan untuk mendapatkan penjelasan tentang realitas yang ada.

3. Teknik Sampling
Teknik yang digunakan adalah Pusrposive sampling karena diperlukan data yang detail dari responden yang punya kompeten dan kapasitas sehingga informasi yang diberikan jelas.

4. Teknik pengambilan data
Teknik yang digunakan adalah dengan metode wawancara agar narasumber dapat memberikan informasi terhadap masalah yang sedang diteliti.

5. Analisa data
Analisa data dilakukan saat dimulainya peneliti mengumpulkan data hasil wawancara.

terima kasih bu
"


Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :