RR DIAN TRISTIANA


Thing That Never Change is Changes

Pemilihan desain dan Analisis B

Pilihlah satu dari topik di bawah ini (kaitkan dgn bidang kesehatan), buat pertanyaan penelitian, pilih desain, teknik sampling, teknik pengambilan data dan analisis data, serta kemukakan alasan Anda dalam pemilihan tersebut:

1. Kekerasan/penelantaran lansia (abuse)

2. pasangan suami istri yang menjalani LDR (long-Distance relationship)

3. gadget pada anak usia sekolah

4. Infertilitas pada perempuan

5. Penyembuhan luka dengan bahan alam


1. Alfret Bonifacius Ulu Berek

pada : 22 March 2017

"1. bagaimana terjadinya kekerasan/penelantaran Lasia (abuse)
2. design penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif karena tujuannya untuk memperoleh informasi mengenai fenomena terjadinya kekerasan/penelantaran terhadap lansia.
3. teknik sampling Probability sampling-simple random sampling agar semua lansia yang mengalami kekerasan/penelantaran mempunyai peluang yang sama untuk dijadikan sampel.
4. teknik pengambilan data adalah dengan wawancara tatap muka karena dengan tatap muka bisa membangun hubungan dan motivasi responden, mengklarifikasi pertanyaan, menjernihkan keraguan dan bisa membaca isyarat nonverbal.
5. teknik analisa data adalah statistik deskriptif.
terima kasih."


2. Rr Dian Tristiana

pada : 23 March 2017

"ok mas alfret, terima kasih menjadi first commenter"


3. Dwiko N. Gunawan

pada : 23 March 2017

"AJ2 B19 / 39 / 131611123085
Penelitian Kualitatif Topik nomer 3
1. Bagaimana Peran sekolah/guru dalam manangani kasus cyber bullying?
2. Posttest only design, karena tidak ada kelompok kontrol dan memberikan informasi yang bersifat deskriptif.
3. Purposive sampling, karena kelompok/subjek penelitian memiliki kriteria khusus dan dilakukan wawancara intensive sehingga ditemukan data yang akurat
4. Wawancara dan observasi, Wawancara dipilih sebagai teknik pengambilan data karena mampu memberikan pandangan subjektif dari objek penelitian setelah itu dilakukan pengamatan untuk menilai tindakan yang telah dilakukan objek sesuai dengan hasil yang diharapakan
5. Analisis data model miles dan huberman, penggunaan metode ini untuk menelaah hubungan sebab-akibat"


4. Wiwin Nur Indah Cahyani

pada : 25 March 2017

"AJ2/22/131611123068
PENELITIAN KUALITATIF TOPIK NO.1
1. Bagaimana persepsi warga usia pra lansia terhadap elder abuse (kekerasan pada lansia)?
2. Design penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif karena tujuannya untuk memperoleh pernyataan atau persepsi usia pra lansia terhadap elder abuse.
3. Dengan purposive sampling, karena pengambilan sampel dapat mewakili karakteristik populasi yang telah ditentukan sebelumnya, sesuai dengan yang dikehendaki peneliti.
4. Tenik pengambilan data dengan wawancara tatap muka karena, data yang di peroleh lebih obyektif langsung dari pernyataan responden. Analisa data dengan deskriptif yang mana menggambarkan dan meringkas hasil wawancara sesuai kecenderungan data yang diperoleh.
5. Pemilihan jenis penelitian kualitatif karena teknik ini dilakukan dengan jalan bekerja dengan data, mengorganisasikan data, memilah-milahnya menjadi satuan yang dapat dikelola, mensintesiskanya, mencari serta menemukan pola, menemukan apa yang penting dan apa yang dipelajari, untuk memutuskan apa yang dapat diceritakan kepada orang lain
"


5. Alvianita Agiswi Suyadi

pada : 25 March 2017

"Kualitatif
1. bagaimana persepsi orang tua mengenai penggunaan gadget pada anak usia sekolah ?
2. desain penelitian survei, karena akan dilakukan survei kepada orang tua mengenai persepsi terhadap penggunaan gadget untuk usia anak sekolah.
3. purposive sampling, karena akan melakukan penelitian kepada keluarga yang mempunyai anak pengguna gadget diusia anak sekolah.
4. wawancara langsung-tatap muka, karena langsung mendapatkan data subjektif dari orang tua.
5. kualitatif menggunakan teknik analsis data model spradley, karena metode ini analisa data dengan teknik pengumpulan data seperti pengamatan deskriptif.

Kuantitatif
1. rumusan masalah : bagaimana pengaruh gadget terhadap perilaku anak usia sekolah ?
2. quasi-experimental karena mengungkapkan pengaruh gadget melibatkan kelompok kontrol disamping kelompok eksperimen.
3. purposive sampling, karena akan melakukan penelitian kepada keluarga yang mempunyai anak pengguna gadget diusia anak sekolah.
4. observasi , untuk mengetahui pengaruh gadget terhadap perilaku anak usia sekolah.
5. wilcoxon signed rank test"


6. Erna Eka Wulan S

pada : 25 March 2017

"AJ2 B19 / 11 / 131611123057
Penelitian Kualitatif
Topik nomor 5: Penyembuhan luka dengan bahan alam.
1.Pertanyaan penelitian: Bagaimana gambaran penyembuhan luka operasi dengan menggunakan daun binahong (basella rubra linn)?
2.Desain penelitian: Deskriptif dalam bentuk case study (karena termasuk dalam rancangan penelitian yang mencakup pengkajian secara intensif).
3.Teknik sampling: Simple random sampling dalam probability sampling (karena setiap subjek dalam populasi mempunyai kesempatan yang sama untuk dipilih sebagai sampel secara acak sederhana).
4.Teknik pengambilan data: Observasi (yaitu melakukan pengamatan secara langsung terhadap proses penyembuhan luka operasi dengan menggunakan daun binahong).
5.Analisis data: Deskriptif observasional dengan menggunakan pendekatan model Spradley (berdasarkan model tersebut, analisis data tidak terlepas dari keseluruhan proses penelitian dengan menggunakan teknik pengumpulan data dekriptif observasional).
"


7. Wiwin Nur Indah Cahyani

pada : 25 March 2017

"AJ2/22/131611123068
PENELITIAN KUANTITATIF TOPIK NO.3
1. Apakah ada hubungan adiksi penggunaan gadget terdahap kebugaran anak usia sekolah?
2. Penggunaan rancangan relasionship cross-sectional, untuk mengembangkan dan menjelaskan hubungan antar variabel
3. Penentuan sampling menggunakan purposive sampling, dimana sampel yang diambil diantara populasi sesuai serta memenuhi karakteristik dengan tujuan atau masalah dalam penelitian.
4. Pengumpulan data dengan cara observasi, analisa data menggunakan korelasi spearman karena variabel lebih dari satu serta berdasar dari skala data yang ordinal serta interval.
5. Desain penelitian dengan kuantitatif karena hal ini memberikan hubungan yang fundamental antara pengamatan empiris dan ekspresi matematis dari hubungan-hubungan kuantitatif.
"


8. Alfan Fachrul Rozi

pada : 25 March 2017

" KUANTITATIF
Tema: Penyembuhan Luka dengan Bahan Alam
1. Bagaimana pengaruh madu terhadap proses penyembuhan luka ganggren pasien Tn. S di Ruang XY?
2. Desain : kuantitatif True Experimental
3. Teknik sampling: purposive sampling (sesuai tujuan peneliti)
4. Teknik pengambilan data: intervensi biofisiologi (invitro, karena tidak mengambil spesimen)dan observasi . Analisa data: komparasi (sebelum dan sesudah), regresi.
5. Alasan: untuk mengetahui pengaruh bahan alam (madu) perlu dilakukan intervesi pada responden dan diobservasi hasil intervensi tersebut, sehingga saya memilih desain penelitian true experimental
"


9. Lusia saun selong

pada : 25 March 2017

"Lusia saun selong Aj2B19 No.absen 41
!.pertanyaan penelitian:Apakah ada hubungan antara penggunaan bahan alam dengan proses penyembuhan luka
2.Desain :True Expriment karena dengan eksperiment kta dapat mengetahui apakah bahan alami tersebut memiliki efek atau pengaruh terhadap proses penyembuhan luka.
Teknik sampling :Simple random sampling alasannya dengan teknik ini kta dapat melakukan uji coba terhadap objek dengan perlakuan yang berbeda sehingga mendapatkan hasil yang dapat dijadikan perbandingan.
4.teknik pengambilan data Anova alasannya kita dapat mengetahui perbedaan yang signifikan antar kelompok perlakuan.
terimah kasih"


10. Baiq Selly Silviani

pada : 25 March 2017

"Penelitian Kualitatif
1.Pertanyaan: “bagaimana peran serta kader dalam menangani lansia yang mengalami penelantaran?”
2.Desain penelitian: deskriptif. Peneliti memaparkan peristiwa-peristiwa penting yang terjadi pada masa kini secara sistematik dan menekankan pada data factual.
3.Teknik sampling yang digunakan adalah nonprobability sampling dengan cara Quota sampling. Peneliti menetapkan setiap strata populasi berdasarkan tanda-tanda yang mempunyai pengaruh terbesar variable yang akan diselidiki.
4.Teknik pengambilan data berupa wawancara terstruktur dan observasi. Wawancara terstruktur dipilih karena peniliti telah memiliki pertanyaan dan kategori jawaban yang telah dipersiapkan. Kemudian peneliti mengobservasi untuk menilai tindakan yang telah dilakukan responden dari hasil wawancara.
5.Analisis data menurut Miles dan Huberman dengan 3 teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
6.Alasan pengambilan pilihan: untuk mengetahui peran kader dalam menangani kejadian penelantaran yang dialami lansia.
"


11. Baiq Selly Silviani

pada : 25 March 2017

"Penelitian Kuantitatif
1.Pertanyaan: “faktor-faktor apa yang mempengaruhi lansia mengalami tindakan kekerasan?”
2.Desain penelitian: korelasi dengan cara cross-sectional karena penelitian tersebut menekankan waktu pengukuran data variable independen dan dependen hanya satu kali pada satu saat. Variable independen dan dependen dinilai secara simultan pada suatu saat jadi tidak ada tindak lanjut.
3.Teknik sampling: nonprobability sampling dengan cara purposive sampling. Peneiti memilih sampel diantara populasi sesuai dengan yang dikehendaki peneliti sehingga sampel tersebut dapat mewakili karakteristik populasi yang dikenal sebelumnya.
4.Teknik pengambilan data: kuesioner. Peneliti mengumpulkan data secara formal kepada subjek untuk menjawab pertanyaan secara tertulis
5.Analisis data bivariate secara deskriptif. Peneliti melaporkan keadaan objek atau subjek yang diteliti sesuai dengan apa adanya dan mengolah data tersebut dalam bentuk table atau grafik.
6.Alasan pengambilan pilihan: tindakan kekerasan pada lansia dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor baik faktor intrinsic maupun faktor ekstrinsik."


12. Alfan Fachrul Rozi

pada : 26 March 2017

"Ralat komentar jenis penelitian kuantitatif
tema penyembuhan luka dengan bahan alam.
1. Bagaimana pengaruh madu terhadap proses penyembuhan luka gangren Tn. A di ruang X?
2. Desain penelitian: Pra Eksperimental one-shot case study
3. Teknik sampling: purposive sampling (sesuai tujuan peneliti)
4. Teknik pengumpulan data dan analisa data: observasi dan biofisiologi invitro (intervensi rawat luka dg madu). Analisa data: korelasi, analisis survival mengobservasi setelah dilakukan tindakan/intervensi
Alasan: rancangan tersebut mengobservasi hasil intervensi pada variabel dependen. "


13. Ramona Irfan Kadji

pada : 26 March 2017

"Penelitian kualitatif
Topik no. 5 : penyembuhan luka secara alam
1.Pertanyaan Penelitian :
Bagaimana persepsi warga suku dayak terhadap penggunaan sarang semut sebagai alternatif dalam penyembuhan luka?
Apa motivasi warga suku dayak dalam menggunakan sarang semut untuk menyembuhkan luka?
2.Desain :
Menggunakan desain etnografi, yakni studi mendalam mengenai tingkah laku yang alami yang berikatan dengan kebudayaan atau keseluruhan kelompok sosial. Etnografi mencoba memahami budaya dan tingkah laku dengan keyakinan/ kepercayaan, nilai, konsep, sikap dari sekelompok orang. Etnografi mengungkap apa yang seseorang lakukan dan menjelaskan mengapa mereka melakukan itu.
3.Teknik sampling :
Untuk penelitian ini, lebih cocok menggunakan purposive sampling, yakni suatu teknik penetapan sampel dengan cara memilih sampel di antara populasi sesuai dengan yang dikehendaki peneliti, sehingga sampel tersebut dapat mewakili karakteristik populasi yang telah dikenal sebelumnya. Dalam hal ini sampelnya yakni warga suku dayak.
4.Teknik Pengambilan Data :
Cara pengumpulan data untuk jenis penelitian ini yaitu :
1).Wawancara mendalam (indepth interview) yang merupakan serangkaian pertanyaan yang diajukan peneliti kepada subjek penelitian. Mengingat karakter etnografi yang naturalistic, maka bentuk pertanyaan atau wawancara yang dilakukan merupakan pertanyaan terbuka dan sifatnya mengalir, meski demikian untuk menjaga focus penelitian ada baiknya seorang peneliti memiliki panduan wawancara yang sifatnya fleksibel.
2).Focus Group Discussion (FGD) yang bertujuan untuk mendapatkan informasi (perasaan, pikiran) berdasarkan pengamatan subjektif dari sekelompok sasaran terhadap situasi/produk tertentu. Sasaran diskusi biasanya homogen dengan jumlah kelompok berkisar 6-12 orang, diskusi berakhir 1-2 jam dipimpin oleh moderator. Sehingga diharapkan akan mendapatkan informasi yang lebih akurat lagi dari beberapa warga yang dihadirkan tersebut.
5.Analisis Data :
Teknik analisa data untuk penelitian kualitatif ini bisa menggunakan analisis secara deskriptif –kualitatif, yang merupakan teknik yang menggambarkan dan menginterpretasikan arti data-data yang telah terkumpul dengan memberikan perhatian dan merekam sebanyak mungkin aspek situasi yang diteliti pada saat itu, sehingga memperoleh gambaran secara umum dan menyeluruh tentang keadaan sebenarnya.
Analisis data dalam penelitian kualitatif, dilakukan pada saat pengumpulan data berlangsung, dan setelah selesai pengumpulan data dalam periode tertentu. Pada saat wawancara, peneliti sudah melakukan analisis terhadap jawaban yang diwawancarai. Bila jawaban yang diwawancarai setelah dianalisis terasa belum memuaskan, maka peneliti akan melanjutkan lagi sampai tahap tertentu hingga diperoleh data yang dianggap kredibel. Selain itu, aktivitas dalam analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus sampai tuntas, sehingga datanya sudah jenuh.

6.Alasan Pemilihan Topic :
Mengapa saya pilih topic ini untuk penelitian kualitatif, yaitu karena saya tertarik dengan budaya salah satu suku yakni suku dayak yang menggunakan sarang semut untuk menyembuhkan luka. Jadi untuk mengetahui alasan mereka mengapa lebih suka menggunakan sarang semut sebagai bahan alami untuk mengobati luka, maka diperlukan penelitian kualitatif.

Penelitian kuantitatif
Topic nomor 4 : Infertilitas pada perempuan
1).Pertanyaan penelitian:
Apakah ada hubungan antara dukungan suami dengan harga diri perempuan infertilitas?
2).Desain :
Penelitian ini cocok menggunakan desain korelasional dengan rancang bangun cross sectional. Alasan penelitian menggunakan rancangan cross sectional karena ingin mengetahui hubungan antara dukungan suami dengan harga diri perempuan infertilitas dimana waktu pengukuran atau observasi data variabel independen dan dependen hanya satu kali pada satu saat.
3).Teknik Sampling :
Tehnik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan Purposive Sampling yaitu teknik penetapan sampel dengan cara memilih sampel diantara populasi sesuai dengan di kehendaki peneliti, sehingga sampel tersebut dapat mewakili karakteristik populasi yang telah dikenal sebelumnya. Dalam hal ini sampelnya adalah perempuan yang mengalami infertilitas.
4).Teknik Pengambilan Data
Dari total sampel yang terpilih untuk menjadi responden akan diberikan angket/kuesioner yang akan mereka jawab untuk mengumpulkan data agar dapat memperkuat hasil penelitian tentang hubungan antara dukungan suami dengan harga diri perempuan infertilitas. Responden akan diberikan penjelasan terlebih dahulu tentang tujuan peneliitian sebelum mengisi angket/kuesioner dan responden diharapkan dapat mengisi surat pernyataan bersedia menjadi responden.
5).Analisis Data :
Analisis data yang dilakukan meliputi analisis univariat dan bivariate. Analisis univariat sebagian besar data diolah untuk dilihat distribusi frekuensinya. Sedangkan analisis bivariate digunakan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel data kategorik (nominal dan ordinal) atau continuous (interval dan rasio). Dalam hal ini kedua variabel tersebut termasuk dalam skala nominal, sehingga cocok menggunakan uji Chi Square.
6).Alasan Pemilihan Topic
Alasan memilih topic infertilitas pada wanita ini, karena ingin mengetahui apakah setiap harga diri wanita yang mengalami infertilitas baik harga diri yang positif maupun negatif berhubungan dengan adanya dukungan suami atau tidak. Sehingga topic ini menarik untuk diteliti secara kuantitatif.
"


14. nadhifatul kamilah

pada : 26 March 2017

"NADHIFATUL KAMILAH (10)/ AJ1/ B19

A. PENELITIAN KUALITATIF
Kaitkan dengan bidang kesehatan dengan topic : Infertilitas pada perempuan
1. Buat pertanyaan penelitian (sesuaikan dengan tujuan khusus)
- Apa saja problem psikologis yang dihadapi oleh isteri yang belum dikaruniai keturunan
- Bagaimana upaya penyelesaian masalah (coping) psikologis yang dihadapi istri karena belum dikaruniai keturunan?
2. Pilih desain penelitian yang digunakan dan penjelasannya
Desain penelitian kualitatif dalam bentuk deskriptif studi kasus, penelitian ini memusatkan diri secara intensif pada satu objek tertentu yang mempelajarinya sebagai suatu kasus. Data penelitian studi kasus ini diperoleh dari semua pihak yang bersangkutan, dengan kata lain data dalam studi ini dikumpulkan dari berbagai sumber (Nawawi, 2013). Penelitian dengan topic infertilitas pada perempuan memusatkan telaah studi kasus pada istri yang telah menikah dan belum dikaruniai anak dalam batasan tertentu. Studi kasus bersifat deskriptif atau menggambarkan, gambaran yang secara rinci mewakili topic tentang psikologis yang dihadapi dan upaya mekanisme koping psikologis istri karena mengalami infertilitas.
3. Pilih teknik sampling yang digunakan dan penjelasannya
Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling yang dikombinasikan dengan snowball sampling, teknis purposive sampling merupakan teknik penentuan sampel dengan pertimbangan kriteria tertentu sesuai tujuan penelitian. Kriteria inklusi yang dapat digunakan sesuai topik yakni istri yang telah menikah lebih dari dua tahun dan belum dikaruniai anak, sedangkan kriteria eksklusinya dapat berupa istri yang belum memiliki anak dikarenakan keguguran. Hal ini membatasi penelitian secara tegas hanya pada istri yang belum memiliki anak terkhusus karena masalah infertilitas bukan karena masalah persalinan lain. Sedangkan snowball sampling merupakan teknik penentuan sampel yang mula-mula jumlahnya kecil, kemudian membesar. Kaitannya dengan topik penelitian ini, mula-mula dipilih satu atau dua responden, tetapi jika dengan dua responden ini belum merasa lengkap terhadap data yang diberikan, maka peneliti mencari responden lain yang dipandang lebih tahu dan dapat melengkapi data yang diberikan oleh dua responden sebelumnya. Pembahasan menggunakan kombinasi snowball sampling diharapkan dapat diperoleh data sebanyak mungkin hingga mencapai data homogen tentang masalah psikologis dan mekanisme koping pada istri yang belum dikarunai anak karena infertilitas.
4. Pilih teknik pengambilan data dan penjelasannya
Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara terfokus (focus interview), dan dokumentasi. Observasi yang digunakan adalah observasi tidak terstruktur, pengukuran observasi ini peneliti secara spontan mengobservasi dan mencatat apa yang dilihat dengan sedikit perencanaan. Peneliti (observer) menggunakan pedoman sesuai pertanyaan penelitian tetapi peneliti tidak hanya mengobservasi pada hal-hal yang ada pada pedoman (Nursalam, 2013). Observasi yang dilihat berupa tanda dan gejala stress pada responden seperti frekuensi nadi, pola tidur, emosi sedih, marah, menyangkal, tanda adanya depresi, bahkan penarikan diri dari lingkungan sosial. Wawancara terfokus (focus interview) merupakan jenis wawancara yang digunakan oleh peneliti kepada subjek yang menggunakan pertanyaan secara luas. Jenis pertanyaan berhubungan dengan suatu dorongan agar subjek bersedia berbicara secara terbuka, tidak hanya pertanyaan ya dan tidak (Nursalam, 2013). Wawancara yang digunakan pada topik ini berkaitan dengan masalah psikologis dan koping mekanisme, seperti model pertanyaan terbuka “Bagaimana perasaan anda belum dikaruniai momongan hingga saat ini?” atau juga “Apa saja upaya yang telah anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut?” dan sebagainya. Pengumpulan data dokumentasi merupakan bentuk pengumulan data pendukung penelitian, seperti hasil pemeriksaan medis yang menegakan diagnose infertilitas, kondisi lingkungan rumah responden, dan berbagai dokumentasi data lain yang berkaitan dan diharapkan memperkaya data penelitian.
5. Analisa data
Proses analisis menggunakan teknik proses Miles dan Huberman, menggambarkan sirkulasi yang terjadi saat pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Jenis analisis yang secara spesifik digunakan adalah analisis studi kasus, yang mana jenis analisis ini merupakan bagian dari kelompok analisis kinerja dan pengalaman individual serta perilaku.
6. Kemukakan alasan dalam memilih topic tersebut diatas
Tujuan dilaksanakannya pernikahan oleh pasangan suami istri adalah untuk membentuk keluarga yang bahagia. Membentuk keluarga yang bahagia erat hubungannya dengan masalah keturunan, kehadiran keturunan diletakkan sebagai bagian dari tugas perkawinan yaitu, untuk meneruskan silsilah keluarga. Dalam kenyataannya tidak semua pasangan dengan mudah memperoleh keturunan seperti yang diharapkan. Keadaan pasangan yang sudah menikah lebih dari setengah tahun tanpa kontrasepsi dan tidak mempunyai anak disebut infertilitas. Kondisi perkawinan tanpa anak sering menjadi potensi timbulnya konflik antara pasangan saumi istri. Pihak istri atau perempuan lebih sering dituduh sebagai penyebab utamanya, karena proses mengandung dan melahirkan melekat pada kodrat sebagai perempuan. Perempuan yang selalu salahkan akan berakibat pada munculnya problem psikologis, istri atau perempuan akan mengalami problem psikologis berupa stres, depresi, perasaan (rendah diri) dan fikiran negatif tentang keadilan Tuhan.
"


15. RINA AFRIANI

pada : 26 March 2017

"AJ1/B19/38/13161123038

1. Pertanyaan : Apa saja pengaruh Long-Distance relationship dengan suami atau istri terhadap tingkat prestasi mahasiswa alih jenis keperawatan?
2. Desain : Desain pada penelitian ini menggunakan metode Deskriptif Korelasional agar di temukan suatu gambaran tingkat hubungan yang objektif antar variabel tanpa ada intervensi maupun manipulasi
3. Teknik sampling : Nonprobability sampling-Purposive sampling,karena teknik pengambilan sampel nya disesuai kriteria yang di tetapkan peneliti (tujuan atau masalah penelitian),agar sampel tersebut tepat dan akurat sehingga mampu mewakili karakteristik populasi yang di teliti.
Contoh : karena peneliti mencari pengaruh Long-Distance relationship dengan suami atau istri terhadap tingkat prestasi mahasiswa alih jenis keperawatan,kriteria sampel yang di tetapkan peneliti yaitu,
~ subjek adalah mahasiswa alih jenis keperawatan
~ subjek sudah menikah
~ pasangan subjek berada di luar pulau jawa
~ subjek jarang bertemu langsung dengan pasangan
4. Teknik pengambilan data : Wawancara tidak terstruktur-Fokus Interview,tujuan nya agar subjek bisa lebih leluasa mengungkapkan perasaan nya,tidak hanya pertanyaan ya atau tidak.
5. Analisis data : Teknik Analisis Kuantitatif Deskriptif,data hasil disajikan dengan orisinil,dan apa adanya,tanpa intervensi."


16. Kholidatul Azizah

pada : 26 March 2017

"Kholidatul azizah
B19/AJ1 (131611123023)
(Nomor 2, penelitian kuantitatif)

Hubungan Perhatian Oang Tua Terhadap Perkembangan Psiologi Anak
Fenomena: Berdasarkan hasil survey penelitian, kebanyakan anak dengan orangtua yang menjalani LDR mengalami gangguan psikologi (baik itu berupa rasa sedih, murung, rasa kesal pada orang tua yang meninggalkannya, atau bahkan menurunnya semangat belajarnya). Fenomena tersebut masih belum dapat dijelaskan apakanantara kedua variabel memang memiliki hubungan langsung atau tidak.

1. Pertanyaan
Adakah hubungan kurangnya perhatian orang tua terhadap psikologi anak pada keluarga yang menjalani LDR (hubungan jarak jauh)?
2. Desain penelitian
Penelitian ini adalah bentuk penelitian kuantitatif, dengan rencana penelitian Cross Sectional sehingga diperoleh efek suatu fenomena (variabel dependen) dihubungkan dengan penyebab (variabel independen)
3. Teknik sampling
Cara pengambilan sampel menggunakan teknik Non-Probability, Purposive sample. Dimana peneliti memilih sampel diantara populasi sesuai yang dikehendaki (anak pada keluarga dengan orangtua LDR)
4. Teknik pengambilan data
Teknik pengambilan data, berupa observasi untuk mendeteksi gangguan psikologis yang terjadi pada anak dan kuesioner bagi orangtua untuk mengetahui prilaku anak dan hubungan dengan orangtuanya selama ini.
5. Teknik analisa data
Analisis data deskriptif dengan teknik uji statistik bivariat, dan untuk mencari korelasi kedua variabel, maka menggunakan uji korelasi dari Spearman (hasil kuesioner berupa ordinal)
"


17. Kholidatul Azizah

pada : 26 March 2017

"Kholidatul azizah
B19/AJ1 (131611123023)
(Nomor2, penelitian kualitatif)

Manajemen Stres Pada Istri Yang Mengalami Long Distance Marriage

1. Pertanyaan
Bagaimana manajemen stres pada istri yang menjalani long distance marriage dikarenakan suami bekerja?
2. Desain penelitian
Penelitian ini adalah bentuk penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi.
3. Teknik pengambilan informan
Teknik pengambilan informan adalah menggunakan Purposive sampling. Pemilihan informan dalam penelitian ini, diperoleh dengan melakukan kegiatan wawancara. Dengan kriteria informan sebagai berikut:
Menjalani hubungan Long Distance Relationship dengan pasangan yang berada di pulau berbeda
Frekuensi bertemu dengan pasangan di atas 3 bulan sekali
Informan Pendukung: Untuk memperoleh data yang lebih baik serta perbandingan dalam informasi yang diperoleh, terdapat informan pendukung yang dijadikan sebagai perbandingan yaitu seorang psikolog yang paham tentang hubungan Long Distance Relationship yang dijalani oleh para informan penelitan.
4. Teknik pengambilan data
Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi dan catatan lapangan pada masing-masing respoden.
Wawancara: mengumpulkan data-data dengan salah satu caranya melalui wawancara kepada pasangan Long Distance Relationship terpilih sebagai informan.
Observasi: melihat dan informan pada penelitian ini, termasuk menganalisis, mengadakan pencatatan secara sistematis mengenai tingkah laku dengan merekam keadaan yang ada.
5. Teknik analisa data
Analisis data yang digunakan adalah menggunakan analisis isi (content analysis) dengan menggunakan teknik deskriptif naratif. Hasil wawancara diolah ke dalam verbatim dan kemudian dianalisis berdasarkan tema yang ditemukan."


18. ika minarni

pada : 27 March 2017

"ika minarni/AJ1/B19/09/131611123009
A. PENELITIAN KUALITATIF
Kaitkan dengan bidang kesehatan dengan topic : Gadget pada anak sekolah
1. Buat pertanyaan penelitian (sesuaikan dengan tujuan khusus)
- Bagaimanakah komunikasi antarpribadi orang tua dan anak dalam penggunaan gadget?
- Bagaimanakah keterbukaan (openness) pada komunikasi antarpribadi orang tua dan anak dalam penggunaan gadget?
- Bagaimanakah empati (empathy) pada komunikasi antarpribadi orang tua dan anak dalam penggunaan gadget?
- Bagaimanakah sikap mendukung (supportiveness) pada komunikasi antarpribadi orang tua dan anak dalam penggunaan gadget?
- Bagaimanakah sikap positif (positiveness) pada komunikasi antarpribadi orang tua dan anak dalam penggunaan gadget?
- Bagaimanakah kesetaraan (equality) pada komunikasi antarpribadi orang tua dan anak dalam penggunaan gadget?

2. Pilih desain penelitian yang digunakan dan penjelasannya
Desain penelitian kualitatif metode studi kasus, yakni pengujian secara rinci terhadap subjek dengan membatasi pendekatan hanya pada kasus secara intensif dan rinci. Pada penelitian ini kasus yang diidentifikasi secara rinci tentang pola komunikasi antarpribadi orang tua dan anak dalam penggunaan gadget yang meliputi keterbukaan, empati, sikap mendukung, sikap positif, dan kesetaraan.

3. Pilih teknik sampling yang digunakan dan penjelasannya
Purposive sampling, teknik sampling ini dipilih karena mampu membatasi sampel penelitian secara tegas. Kelompok yang menjadi subjek telah dipertimbangkan secara cermat (intuisi) dan kelompok terbaik (yang dinilai akan memberikan informasi yang cukup), untuk dipilih menjadi responden penelitian (Notoatmodjo, 2012). Sampel yang digunakan adalah anak yang masih menempuh pendidikan sekolah dasar beserta orang tuanya. Pembatasan ini dilakukan karena pada usia sekolah dasar (6-12 tahun) dalam mengambil keputusan memerlukan arahan dan persetujuan orang tua, termasuk dalam hal penggunaan gadget, maka dari itu memahami pola komunikasi antara orang tua dan anak sekolah dasar memiliki manfaat yang besar dalam menentukan perilaku anak menggunakan gadget.

4. Pilih teknik pengambilan data dan penjelasannya
Teknik pengambilan data yang digunakan yakni wawancara terstruktur, yakni suatu wawancara yang meliputi strategi yang memungkinkan adanya suatu kontrol dari pembicaraan sesuai dengan isi yang diinginkan peneliti (Nursalam, 2013). Pada penelitian ini akan dilakukan wawancara menggunakan sususnan pertanyaan, kemudian dilakukan pilot testing, latihan, persiapan, pengulangan (probing), dan terakhir recording. Wawancara dilakukan pada orang tua mengenai pola komunikasi antarpribadi mengenai penggunaan gadget yang telah ditetapkan pada tujuan khusus.

5. Analisa data
Analisa data yang digunakan pada penelitian kualitatif ini menggunakan teknik Miles dan Huberman, yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Reduksi data dengan cara menajamkan, menggolongkan, mengarahkan, dan membuang yang tidak perlu dan mengorganisasi data sedemikan rupa sehingga kesimpulan akhir dapat diambil. Penyajian data berupa menyusun informasi sehingga memberi kemungkinan akan adanya penarikan kesimpulan. Bentuk penyajian data kualitatif berupa teks naratif (berbentuk catatan lapangan), matriks, grafik, jaringan dan bagan. Penarikan kesimpulan adalah hasil analisis yang dapat digunakan untuk mengambil hasil akhir dari penelitian. Pada penelitian ini reduksi data difokuskan pada pola komunikasi meliputi keterbukaan, empati, sikap mendukung, sikap positif, dan kesetaraan.
6. Kemukakan alasan dalam memilih topic tersebut diatas
Maraknya penggunaan gadget pada anak tidak terlepas dengan adanya peran orang tua dalam berkomunikasi. Orang tua dituntut memiliki peran yang sangat penting dalam membimbing, mengajarkan, menentukan perilaku dan cara pandang anak, khususnya pada anak yang menggunakan gadget. Dengan dampingan dan pengawasan dari orangtua, orang tua akan lebih mudah mengarahkan mana penggunaan gadget yang baik dan bermanfaat, misalnya dengan memberikan pengenalan pada aplikasi yang bermanfaat dan mendidik. Dampingan dan pengawasan dari orang tua, secara tidak langsung menjadikan anak lebih terbatas dalam menggunakan gadget serta mengetahui apa yang boleh diakses sesuai usianya. Selain itu, orangtua juga dapat mengontrol kecanduan terhadap penggunaan gadget.

"


19. zita triwika

pada : 27 March 2017

"131611123071
KUALITATIF no 4
1. bagaimana persepsi wanita tentang pola makan yang sehat untuk mencegah infertilitas pada wanita?
2.dengan menggunakan deskriptif eksploratif.penelitian kualitatif yang berfokus dalam menjelaskam & memberi pemahaman & interpretasi tentang berbagai perilaku dan pengalaman manusia.
3.teknik sampling random sampling, melalui purposive sampling yaitu wanita usia subur.
4. teknik pengambilan data dengan wawancara dan observasi
5.analisa data menggunakan analisa data konten merupakan sebuah prosedur untuk kategori data verbal dan perilaku.
KUANTITATIF no 4
1. bagaimana pengaruh endometriosis terhadap peningkatan resiko infertilitas pada wanita?
2. desain penelitian korelasional,mengkaji hubungan antar variabel
3. random sampling melalui purposive sampling
4. pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara terstuktur (semi struktur interview) selama 30-60 menit
5. analisis data menggunakan metode statistik non parametrik uji Mann-Whit-Ney-U-Tes
karena subjek yang diambil utk penelitian ini terbatas.

"


20. Ferdyan Nur Mahendra

pada : 27 March 2017

"Ferdyan Nur Mahendra/131611123069/B19-AJ2
"PEMILIHAN DESAIN ANALISIS B - POINT 2"

1. Bagaimana pola asuh anak pada suami istri yang menjalani Long Distance Relationship?

2. Desain penelitian yang di gunakan adalah survey research (kuantitatif), sebab desain ini akan mudah di gunakan ketika akan mengambil sampel dari satu populasi yaitu suami-istri yang LDR dan mempunyai anak.

3. Teknik sampling yang digunakan purposive sampling, sebab penelitian pengambilan sample di lakukan secara sengaja sesuai kriteria yaitu suami-istri yang LDR dan mempunyai anak.

4. Pengambilan data dengan wawancara dan observasi sebab dengan wawancara kita bisa mengetahui pandangan subjek penelitian

5. Teknik analisis data menggunakan teknik statistik sama dengan korelasi, sebab penelitian akan mengetahui sebuah hubungan."


21. Erwin Purwanto AJB

pada : 27 March 2017

"AJ 1/B19/131611123026
Penelitian Kualitatif Topik Nomor 5
1. Topik : Penyembuhan Luka Dengan Bahan Alami
2. Masalah : Efektivitas cabe rawit dalam proses penyembuhan luka sayatan
3. Pertanyaan Penelitian : Bagaimana efektivitas cabe rawit dalam proses penyembuhan luka sayatan?
4. Desain penelitian: Quasi Experimental
5. Teknik Sampling : Purposive Sampling yaitu yang dijadikan sampel adalah pasien yang mengalami luka sayatan dengan membaginya kedalam kelompok kontrol dan kelompok perlakuan.
6. Teknik Pengambilan Data: Metode Observasi (lembar ceklis) dengan mengobservasi kondisi luka pasien
7. Analisa Data : Uji Mann-Whitney/Wilcoxon dengan menggunakan SPPS
8. Alasan Pemilihan topik: Tertarik dalam melakukan penilitian tenteng medical bedah"


22. Hary Budiarto

pada : 28 March 2017

"Hary Budiarto/25/AJ1/131611123025
Penelitian Kualitatif no 4
1. bagaimana mekanisme koping yang baik pasangan usia subur dalam menghadapi infertilitas?
2. desain penelitian yang di gunakan adalah penelitian deskriptif dikarenakan untuk mengetahui fenomena yang ada.
3. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling, karena kelompok/sebjek penelitian memiliki kriteria khusus dan dilakukan dengan wawancara intensive supaya lebih akurat.
4. Wawancara dan observasi, Wawancara dipilih sebagai teknik pengambilan data karena mampu memberikan pandangan subjektif dari objek penelitian setelah itu dilakukan pengamatan untuk menilai tindakan yang telah dilakukan objek sesuai dengan hasil yang diharapakan
5. Analisis data yang akan di gunakan adalah teknik miles dan hubermen, fungsinya untuk menelaah sebab- akibat.
"


23. Hary Budiarto

pada : 28 March 2017

"Hary Budiarto/25/AJ1/131611123025
Penelitian Kuantitatif no 3
1. Bagaimana pengaruh gadget terhadap tumbuh kembang anak usia pra sekolah?
2. Desain penelitian adalah penelitian quasi-experimental pretest dan posttest dikarenakan untuk mengetahui dan membandingkan pre dan post pada penelitian.
3. Teknik sampling yang dugunakan purposive sampling, karena kelompok/subjek penelitian memiliki kriteria khusus dan dilakukan dengan kuisioner dan lembar observasi.
4. Wawancara dengan kuisioner, dan observasi langsung, dikarenakan kita harus tau berapa lama anak menggunakan gadget, dan observasi langsung untuk melihat dampaknya.
5. Analisis data yang digunakan wicoxon signed ranks test dan mann-whitney u test.
"


24. Amanatul Firdaus

pada : 28 March 2017

"Kuantitatif
1. Bagaimana pengaruh bagi seseorang yang bekerja di ruang Rontgen terhadap infertilitas pada wanita ?
2. Desain penelitian dalam hal ini menggunakan desain deskriptif dikarenakan untuk mendapatkan informasi tentang kenapa bias terjadinya Infertilitas pada perempuan.
3. Pada teknik sampling disini menggunakan Kuesioner
4. Teknik pengambilan data dengan wawancara langsung ke Perempuan agar mendapatkan data yang relevan dan agar penelitian menjadi akurat.
5. Analisis menggunakan analisa konten yang merupakan sebuah prosedur untuk katagori data verbal dan peilaku
Kualitatif
1. Bagaimana persepsi wanita mengenai tentang infertilitas pada wanita?
2. Menggunakan desain deskriptif untuk mendapatkan informasi tentang infertilitas pada perempuan
3. Teknik sampling menggunakan random
4. Teknik pengambilannya menggunakan wawancara langsung dan observasi
5. Analisis datanya menggunakan analisa konten yang merupakan sebuah prosedur untuk katagori data verbal dan peilaku
"


25. Tiur TrihastutikAj B

pada : 28 March 2017

"Penelitian kualitatif topik no.3
1.Bagaimana dampak yang ditimbulkan dari pemakaian gadget pada anak sekolah
2.Rancangan penelitian survei,karena menyediakan informasi yang berhubungan dengan prevalensi,distribusi dan hubungan antar variabel dlm suatu populasi
3.Nonprobability purposive sampling,karena sampelnya ditentukan berdasarkan kriteria tertentu yaitu anak yang sering menggunakan gadget
4. Kuesioner,wawancara, observasi,karena ingin mendapatkan data dari hasil kuesioner dan wawancara dengan anak dan orangtua juga observasi perilaku anak
5.analisa data dengan tehnik spradley karena data yang didapat akan langsung disimpulkan"


26. Reny Tjahja Hidayati

pada : 28 March 2017

"Penelitian kualitatif nomor 4
1. rumusan masalah : bagaimana persepsi pasutri terhadap angka kejadian infertilitas pada pasangan infertil
2. desain penelitian survei, karena akan dilakukan survei pada pasutri terhadap angka kejadian infertilitas pada pasangan infertilitas
3. non probability sampling-voluntary sampling, karena pengambilan data berdasarkan keralaan pasutri untuk berpartisipasi dalam penelitian
4. wawancara langsung-tatap muka, karena langsung mendapatkan data subjektif dari
5. kualitatif menggunakan teknik analisis data model spradley, karena metode ini analisa data dengan teknik pengumpulan data seperti pengamatan deskriptif"


27. Nurul Dwi Ismayanti

pada : 28 March 2017

"Penelitian Kuantitatif
Topik : Penyembuhan luka dengan bahan alami (B5)
1. Bagaimana perbedaan efektifitas perawatan luka menggunakan metode konvensional dan metode modern terhadap proses penyembuhan luka Diabetik pasien Diabetes Melitus di Klinik Pratama Asih Waluyo Jati Bantul Yogyakarta

2. Desain penelitian :
Quasy Experiment, karena melibatkan kelompok responden dan kelompok kontrol. Kelompok responden adalah kelompok yang mendapatkan perawatan luka metode konvensional dan kelompok kontrol adalah kelompok yang mendapatkan perawatan luka metode modern.

3. Teknik Sampling :
Quota sampling, jumlah populasi tidak diperhitungkan akan tetapi di klasifikasikan dalam beberapa kelompok.

4. Teknik pengambilan data :
Sampel dibagi dua kelompok, yaitu satu kelompok diberi perlakuan perawatan luka metode konvensional dan kelompok satunya lagi diberi perlakuan perawatan luka metode modern.



5. Analisa data :
T test, uji komparatif untuk menilai perbedaan antara nilai tertentu dengan rata-rata kelompok populasi. Menilai perbedaan efektifitas penyembuhan luka antara metode konvensional dan metode modern.
"


28. aniq dini karimah

pada : 28 March 2017

"Aniq Dini Karimah / AJ 2/ B19
1. Kualitatif
Kekerasan / penelantaran pada lansia (abuse)
a. Pertanyaan Penelitian
Bagaimana persepsi masyarakat terhadap kekerasan pada lansia ?
b. Desain penelitian
Deskriptif, karena pada penelitian ini peneliti akan mendeskripsikan pada data factual serta disajikan apa adanya sesuai dengan respon dari responden.
c. Teknik sampling
Simple random sampling, peneliti dapat mengambil responden secara acak.
d. Pengambilan data
Dengan cara mewawancarain responden.
e. Analisis data
Menentukan prioritas kategori, pendapat / respon seperti apa yang dikemukaan oleh responden, hasil wawancara dapat dikategorikan baru diprioritaskan mana yang paling banyak.
2. Kuantitatif
Gadget pada anak usia sekolah
a. Pertanyaan penelitian
Bagaimana hubungan penggunaan gadget terhadap perilaku sosialisasi anak pada usia sekolah ?
b. Desain penelitian
Cross sectional, karena meneliti hubungan 2 variabel
c. Teknik sampling
Purposive sampling, karena responden memiliki kriteria ibu yang memiliki anak usia sekolah
d. Pengambilan data
Menggunakan kuisioner
e. Analisa data
Analisis deskriptif, karena hasil data dapat dibuat untuk menggambarkan atau meringkas data secara ilmiah dalam bentuk tabel.

"


29. Sumariono Efendi

pada : 28 March 2017

"Nim:131611123092, B19-aj2
TOPIK KUANTITATIF : PENYEMBUHAN LUKA DENGAN BAHAN ALAMI
1.Pertanyaan penelitian: bagaimana pengaruh pemberian olesan tanaman lidah buaya terhadap penyembuhan luka akibat serangga?
2.Desain penelitian: quasy experiment design, karena penelitian ini bertujuan untuk membandingkan antara hasil uji antara pre dan post dilakukannya sebuah intervensi
3.Teknik sampling: purposif sample, karena pengambilan data sampel penelitian dapat disesuaikan dengan kriteria
4.Teknik pengambilan data: dengan menggunakan observasi, karena dapat digunakan untuk mengamati terjadinya perubahan yang terjadi pada luka akibat serangga saat pre dan post intervensi penelitian.
5.Analisis data: menggunakan wilcoxon signed rank test, karena untuk membandingkan variabel dependen dan variabel kontrol pada saat pre dan post intervensi.
"


30. Muhammad Anis Taslim

pada : 28 March 2017

"Muhammad Anis Taslim/131611123019/AJ1 B19.
Penelitian kuantitatif
No. 1 Kekerasan/penelantaran lansia
A. Pertanyaan penelitian
Bagaimana upaya kita untuk menurunkan angka penelantaran pada lansia ?
B. Desain penelitian
Desain penelitian yang diambil adalah desain penelitian deskriptif karena penelantaran lansia merupakan masalah yang ada pada masyarakat yang terjadi pada masa sekarang ini terutama di daerah perkotaan. Peneliti akan membuat deskripsi secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta yang terjadi di msayarakat tentang penelantaran lansia.
C. Teknik sampling
Teknik sampling yang diambil adalah teknik purposive sampling dikarenakan peneliti akan memilih sampel secara disengaja diantara populasi sesuai dengan yang dikehendaki peneliti dan fokus pada sampel yang akan diteliti yaitu penelantaran lansia.
D. Teknik pengambilan data
Teknik pengambilan data yang diambil adalah dengan cara teknik kuesioner dikarenakan peneliti mengumpulkan data secara formal kepada subjek untuk menjawab daftar pertanyaan secara tertulis yang sudah disediakan oleh peneliti.
E. Analisis data
Analisis data yang digunakan adalah dengan teknik koding, karena peneliti memberikan penilaian melalui kode-kode yang telah ditentukan untuk setiap jawaban yang ada pada kuesioner, jawaban yang sudah dikoding kemudian dimasukkan ke dalam SPSS untuk mempermudah peneliti dalam memperoleh hasil analisis."


31. Nindhita Dyah Satiti

pada : 28 March 2017

"Nindhita/Aj2B19/42
Penelitian kuantitatif

1. Bagaimana pengaruh pasutri LDR (Long distance relationship) terhadap tingkat koping keluarga yang baru menikah?
2. Desain penelitian yang digunakan adalah Cross sectional karena peneliti ingin memperoleh prevalensi dan efek suatu fenomena dihubungkan dengan penyebab.
3. Teknik sampling penelitiani yang digunakan adalah consecutive sampling karena pemelihan sampel secara berurutan dan memiliki kriteria yaitu keluarga baru dengan LDR.
4. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah dengan skala pengukuran psikologi yang mengombinasikan antara self report dengan kuesioner. Pengukuran ini memang ditujukan untuk koping, kecemasan, distress dan lain lain.
5. Teknik analisa data yang digunakan adalah uji signifikansi (Pearson)"


32. Evodia Lusia Meo Thena

pada : 28 March 2017

"PASANGAN SUAMI ISTRI YANG MENJALANI LDR (Long Distance Relationship )
KUALITATIF

I. Pertanyaan
Apa strategi yang digunakan untuk memepertahankan keharmonisan rumah tangga antara suami dan istri yang bertempat tinggal berbeda dan berjarak jauh ?
II. Pemilihan Desain
Pada desain penelitian ini,peneliti melakukan suatu penelitian dengan pendekatan secara kualitatif dimana untuk mengetahui dan mengamati segala hal yang tmenjadi ciri sesuatu hal. Menurut David Wiliams ( 1995 ) dalam buku Lexy Moleong menyatakan :
“ Bahwa penelitian kualitatif adalah pengumpulan data pada suatu latar alamiah,dan dilakukan oleh orang atau peneliti yang tertarik secara alamiah “ ( Moleong,2007-5 ).
Dengan proses tersebut peneliti melaporkan hasil lapangan yang diperoleh, tidak perlu memanipulasi kan hasilnya karena penelitian dengan metode ini saat dilapangan tidak terlalu dibebani atau diarahkan dengan teori – teori atau model – model karena tidak bermaksud menguji teori atau model sehingga prespektifnya tidak tersaring.
III. Teknik Sampling
Sampel yang digunakan dalam metode penelitian ini adalah sampel kecil,tidak representatif, purposive ( snowball ) dan berkemabng selama proses penelitian.
IV. Teknik pengambilan Data
Sebagai bentuk penunjang dari penelitian yang valid tidak hanya berdasarkan pengetahuan yang dimiliki, melainkan informasi-informasi dalam bentuk data yang relevan dan dijadikan bahan-bahan penelitian untuk di analisis pada akhirnya. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan, sebagai berikut:
• Studi Pustaka
Dengan hal ini, upaya penelitian yang dilakukan pun dapat menjadi baik karena tidak hanya berdasarkan pemikiran sendiri selaku peneliti melainkan pemikiran-pemikiran dan pendapat dari para ahli atau penulis lainnya. Sehingga bisa dibandingkan serta referensi yang dapat memberikan arah kepada peneliti.
- Studi Literatur
Studi literatur, dalam studi literatur ini peneliti menganut sistem kepustakaan terbuka dimana dengana mengumpulkan data atau keterangan melalui bahan bacaan mengenai masalah yang di teliti. Dengan teknik kepustakaan ini diharapkan mendapatkan dukungan teori dalam pembahasan masalah, yaitu dengan mengutip pendapat pendapat para ahli, hal ini diharapkan akan memperjelas dan memperkuat yang akan di uraikan.
- Internet Searching
Internet adalah merupakan hubungan antar berbagai jenis komputer dan jaringan di dunia yang berbeda sistem operasi maupun aplikasinya di mana hubungan tersebut memanfaatkan kemajuan media komunikasi (telepon dan satelit) yang menggunakan protokol standar dalam berkomunikasi. Sedangkan searching ialah mencari atau menemukan sesuatu jadi internet searching adalah mencari atau menemukan data melalui hubungan antar berbagai jenis komputer dan jaringan di dunia yang berbeda sistem operasi maupun aplikasinya di mana hubungan tersebut memanfaatkan kemajuan media komunikasi (telepon dan satelit).
• Studi Lapangan
- Wawancara
Wawancara dalam penelitian perlu adanya data-data yang relevan untuk dijadikan sebagai penunjang dalam penelitian yang berlangsung, salah satunya adalah melalui wawancara. Berger (2000:11) dalam buku Rachmat Kriyantoro, menyatakan “Wawancara adalah percakapan antara periset-seseorang yang berharap mendapatkan informasi dan informan-seseorang uang diasumsikan mempunyai informasi paling penting tentang suatu objek”.
Wawancara dibagi dua :
a. Wawancara dalam riset kualitatif, yang disebut sebagai wawancara mendalam (depth interview)
b. Wawancara secara intensif (intensive interview) dan kebanyakan tak berstruktur. Tujuannya untuk mendapatkan data kualitatif yang mendalam. (Kriyantoro, 2007:96)
Maka, dalam hal ini peneliti pun mengumpulkan data-data dengan salah satu caranya melalui wawancara untuk mendapatkan informasi yang benar-benar relevan dari narasumber terkait dalam hal ini dilakukan kepada pasangan Long Distance Relationship terpilih sebagai informan dan beberapa dari lapisan masyarakat sebagai informan kunci, dengan itu semua mengetahui kebenaran dan menjadikan keyakinan bagi peneliti.
- Observasi
Pada pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan salah satunya melalui observasi dengan melihat dan mengamati individuindividu atau kelompok yang menjadi informan pada penelitian ini, diantaranya melihat dan mengamati proses komunikasi yang dilakukan oleh pasangan Long Distance Relationship dalam menjalani hubungannya. Dalam observasi ini, tidak hanya melihat apa yang informan lakukan atau sampaikan. Melainkan dari definisi diatas adalah menganalisis, mengadakan pencatatan secara sistematis mengenai tingkah laku dengan merekam keadaan yang ada atau menggunakan catatan lapangan, mengamati individu atau kelompok tersebut. Sehingga dengan ini, informasi-informasi yang diperoleh pun relevan.
- Dokumentasi
Memuat data-data pada penelitian sebagai upaya untuk menafsirkan segala hal yang ditemukan dilapangan, perlu adanya dokumentasi-dokumentasi dalam berbagai versi. Pada penelitian ini, peneliti turut mendokumentasikan segala kegiatan atau aktivitas sehari-hari yang berhubungan dengan fokus penelitian yang dikaji, dalam hal ini adalah proses komunikasi pasangan Long Distance
Relationship dalam menjalani hubungannya menjadi studi deskriptif. Dari dokumentasi-dokumentasi tersebut kemudian dianalisis, dicermati segala manajemen komunikasi dan interaksi yang informan lakukan sebagai data yang menjadi pendukung dalam penelitian ini.

V. Analisa Data
Teknik analisa data adalah suatu kegiatan yang mengacu pada penelaahan atau pengujian yang sistematis mengenai suatu hal dalam rangka mengetahui bagian- bagian ,hubungan diantara bagian dan hubungan antara bagian dan keseluruhan.
Analisa data kualitatif adalah upaya yang dilakukan dengan jalan bekerja dengan data,memilah milahnya menjadi sesuatu yang dapat dikelola,mensistensikannya,mencari dan menemukan pola,menemukan apa yang penting dan apa yang dipelajari dan memutuskan apa yang dapat diceritakan orang lain “ ( Moleong,2007 – 248 )
Analisa data dalam penelitian kualitatif dilakukan pada sat pengumpulan data berlangsung dan setelah selesai pengumpulan data dalam periode tertentu
Adapun langkah – langkah dalam melakukan analisa data sebagai berikut :
 Pengumpulan data adalah langkah untuk mengumpulkan berbagai data yang diperlukan dalam penelitian. Langkah ini dilakukan sesuai dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara,pengamatan,studi kepustakaan dan penelusuran online.
 Reduksi data atau Klasifikasi data adalah proses penelitian,pemusatan perhatian pada penyederhanaan data kasar dari catatan tertulis lapangan penelitian, membuat ringkasan , penggolongan kategori jawaban dan kualifasi jawaban informan penelitian kembali catatan yang diperoleh setelah mengumpulkan data. Peneliti mereduksi data setelah melakukan pengumpulan data, hal ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran yang jelas mengenai hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti selama dilapangan. Sehingga hal ini memudahkan peneliti untuk melanjutkan analisa data pada tahap berikutnya.
 Penyajian data atau Analisa data , yakni penyusunan penyajian kategori jawaban informan/ tabulasi serta gambar,kecenderungan dari informan disertai analisa awal terhadap berbagai temuan data dilapangansebagai proses awal dalam pengolahan data.
 Proses akhir penarikan kesimpulan, yaitu dilakukan pembahasan yang berdasarkan pada rujukan berbagai teori yang digunakan dimana dalamnya ditentukan suatu kepastian mengenai aspek teori dan kesesuaian/ketidaksesuaian dengan fakta hasil penelitian dilapangan dimana peneliti juga membuat suatu analisa serta membuat tafsiran atas tampilan data sesuai dengan permasalahan penelitian serta memberikan verifikasi teoritis temuan penelitian mengenai proses komunikasi pasangan Long Distance Relationship.
VI. Alasan Dalam Penelitian
Dilihat secara realitas dalam kehidupan rumah tangga banyak yang memiliki hubungan jarak jauh ( long distance relationship ) disebkan oleh kebutuhan ekonomi yang mengharuskan salah satu dari mereka ditempatkan pada tempat yang berbeda dan berjarak jauh sehingga tidak memungkinkan mereka untuk bertemu setiap waktu antara yang satu dengan yang lain.
Pada hubungan jarak jauh biasanya rentan akan terjadinya konflik karena terbatasnya waktu untuk bertemu, komunikasi yang tidak lancar,terjadinya kesalahpahaman dan sebagainya. Sehingga suatu rumah tangga yang mengambil konsep jarak jauh sering terlihat tidak harmonis karena kurangnya intensitas bertemu sehingga menjadi penyebab rentannya akan konflik.
Sebab itu peneliti tertarik untuk meneliti bagaimana pasangan suami istri yang tinggal berjauhan dan strategi untuk mempertahankan keharmonisan rumah tangganya.




























PENGARUH PEMBERIAN CAMPURAN BAWANG MERAH ( ALLIUM ASCALONICUM ) DENGAN GULA PASIR TERHADAP PENYEMBUHAN LUKA INSISI PADA MENCIT ( MUS MUSCULUS )
KUANTITATIF

I. PERT ANYAAN
Apakah ada pengaruh pemberian campuran bawang merah ( Allium Ascalonicum ) dengan gula pasir terhadap penyembuhan luka insisi ?

II. DESAIN PENELITIAN
Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah true experiment . Hal ini dapat dilihat dengan adanya randomisasi, perlakuan, kontrol, dan replikasi. Penelitian ini menggunakan post test only control design ( Sugiyono, 2008 )

III. TEKNIK SAMPLING
Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling dimana setiap angota dari populasi mempunyai kesempatan yang sama untuk diseleksi sebagai sampel.

IV. TEKNIK PENGAMBILAN DATA
Sebagai bentuk penunjang dari penelitian yang valid tidak hanya berdasarkan pengetahuan yang dimiliki, melainkan informasi-informasi dalam bentuk data yang relevan dan dijadikan bahan-bahan penelitian untuk di analisis pada akhirnya. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan, sebagai berikut:
• Studi Pustaka
Dengan hal ini, upaya penelitian yang dilakukan pun dapat menjadi baik karena tidak hanya berdasarkan pemikiran sendiri selaku peneliti melainkan pemikiran-pemikiran dan pendapat dari para ahli atau penulis lainnya. Sehingga bisa dibandingkan serta referensi yang dapat memberikan arah kepada peneliti.
- Studi Literatur
Studi literatur, dalam studi literatur ini peneliti menganut sistem kepustakaan terbuka dimana dengana mengumpulkan data atau keterangan melalui bahan bacaan mengenai masalah yang di teliti. Dengan teknik kepustakaan ini diharapkan mendapatkan dukungan teori dalam pembahasan masalah, yaitu dengan mengutip pendapat pendapat para ahli, hal ini diharapkan akan memperjelas dan memperkuat yang akan di uraikan.
- Internet Searching
Internet adalah merupakan hubungan antar berbagai jenis komputer dan jaringan di dunia yang berbeda sistem operasi maupun aplikasinya di mana hubungan tersebut memanfaatkan kemajuan media komunikasi (telepon dan satelit) yang menggunakan protokol standar dalam berkomunikasi. Sedangkan searching ialah mencari atau menemukan sesuatu jadi internet searching adalah mencari atau menemukan data melalui hubungan antar berbagai jenis komputer dan jaringan di dunia yang berbeda sistem operasi maupun aplikasinya di mana hubungan tersebut memanfaatkan kemajuan media komunikasi (telepon dan satelit).

V. ANALISA DATA
Analisa data yang digunakan untuk mengetahui pengaruh campuran bawang merah dengan gula pasir adalah Paired Samples Test dan Wilcoxon Signed Ranks Test, sedangkan untuk mengetahui perbedaan antara kelompok perlakuan dan kelompok kontrol digunakan Independent Samples Test dan Mann Whitney U-Test.

VI. ALASAN PEMILIHAN JUDUL.
Pengobatan dengan bawang merah sudah lama dilakukan oleh orang zaman dahulu. Bawang merah mengandung zat antidiabetik , antioksidan, antihipertensif, antitrombotik, hipoglikemik, dan antihiperlipidemik. Menurut Jorge Chirife et al (1983 ) gula dapat mencegah mikroorganisme tumbuh dan berkembang dengan menciptakan kadar air yang rendah pada lingkungan sekitar luka karena mikroorganisme membutuhkan air untuk tumbuh. Gula larut sat ditaburkan pada luka dan menciptakan kadar air yang rendah pada luka . Gula juga dapat mengurangi edema saat inflamasi , merangsang makrofag dan selanjutnya meemnersihkan luka dan membentuk lapisan protein pelindung luka dan dasar granulasi yang sehat. Berdasarkan fenomena diatas penulis ingin meneliti penggunaan campuran bawang merah dengan gula pasir terhadap penyembuhan luka insisi pada mencit ( Mus Musculus )
"


33. Dessy W. Suryanindra

pada : 28 March 2017

"Kualitatif
1. Bagaimana stigma masyarakat terhadap pasangan susami istri yang menjalani LDR ( Long Distance Relationship)?
2. Desain deskriptif yang bertujuan untuk menjelaskan, memberi suatu nama, situasi, atau fenomena dalam menemukan ide baru.
3. Teknik sampling purposive sampling karena menetapkan sampel dengan cara memilih sampel diantara populasi sesuai dengan yang dikehendaki peneliti.
4. Teknik pengambilan data dengan wawancara karena dapat memberikan pandangan secara subyektif pada obyek penelitian
5. Analisis data colaizzi yaitu Mendeskripsikan fenomena yang diteliti. Peneliti mencoba memahami fenomena gambaran konsep penelitiannya dengan cara memperkaya informasi melalui studi literatur.mengumpulkan deskripsi fenomena melalui pendapat atau pernyataan partisipan. Dalam hal ini peneliti melakukan wawancara dan menuliskannya dalam bentuk naskah transkrip untuk dapat mendeskripsikan gambaran konsep penelitian.
Kuantitatif
1. Apakah ada hubungan pasangan suami istri yang menjalani LDR terhadap keharmonisan rumah tangga?
2. Desain cross sectional karena untuk menentukan faktor apakah yang terjadi sebelum atau bersama-sama tanpa adanya suatu intervensi dari peneliti.
3. Teknik sampling purposive sampling karena menetapkan sampel dengan cara memilih sampel diantara populasi sesuai dengan yang dikehendaki peneliti.
4. Teknik pengambilan data dengan kuisioner karena peneliti tahu pasti variabel yang akan diukur dan tahu apa yang bisa diharapkan dari responden.
5. Analisis data deskriptif hanya akan mendeskripsikan keadaan suatu gejala yang telah direkam melalui alat ukur kemudian diolah sesuai dengan fungsinya. Hasil pengolahan tersebut selanjutnya dipaparkan dalam bentuk angka-angka sehingga memberikan suatu kesan lebih mudah ditangkap maknanya oleh siapapun yang membutuhkan informasi tentang keberadaan gejala tersebut
"


34. Yumiati Tuwa Ringu

pada : 28 March 2017

"Kualtatif
Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap perkembangan psikososial anak usia sekolah ( 6-12 tahun )
1. Pertanyaan penelitian
Faktor apa saja yang mempengaruhi perkembangan psikososial anak usia sekolah ?
Apakah peggunaan gatget mempengaruhi perkembangan psikososial anak usia sekolah?
2. Desain
Quasy experimental design
3. Teknik sampling
Consecutive sampling
4. Teknik pengambilan data
Observasi
5. Analisi data
Uji korelasi kohort
6. Alasan pemilihan topic
Alasan pemilihan desain sampling quasy experimental karena ingin mengetahui sebab akibat dengan melibatkn elompok control, teknik sampling consecutive karena pemilihan sampling sesuai kritria yaitu anak usia sekolah, dan analisa korelasi kohort karena ingin merupakan uji observasional da di follow up pada periode tertentu sehingga di ketahui ada tidaknya pengaruh.
Kuantitatif
Hubungan penggunaan gadget dengan penurunan perkembangan psikososial anak usia 6-12 tahun
1. Pertanyaan penelitian
• Faktor apa saja yang mempengaruhi penurunan perkembangan psikososial anak?
• Apakah penggunaan gatget mempengaruhi penurunan perkembangan psikososial anak /
• Bagamana penggunaan gatget bias mempengaruhi penurunan perkembangan psikososial anak?
• Apa ada hubungan antara penggunaan gatget dengan penurunan perkembangan psikososial anak?
2. Desin
Cross sectional
3. Teknik sampling
Simple random sampling
4. Teknik pengambilan data
Observasi
5. Analisi data
Uji korelasi
6. Alasan pemilihan topik
Alasan pemilihan desain cross sectional karena peneliti hanya ingin mengetahui ada tidaknya hubungan tanpa adanya tindak lanjut dari hasil penelitian. Teknik sampling simple random sampling krn anggota popolasi homogen ( anak usia sekolah, 6-12 tahun), teknik pengabilan data observasi dan analisa uji korelasi pearson karena inginmelihat hubungan antar dua variabel dan megetahui keterkaitan sebab akibat.

"


35. DELISA ALFRIANI

pada : 28 March 2017

"Kepuasan Perkawinan Pada Istri Yang Menjalani LDR (long-Distance relationship)
Fenomena yang terjadi dalam kehidupan perkawinan saat ini istri harus berpisah dari suami karena pekerjaan yang diambilnya sebelum menikah.
1. Pertanyaan
Bagaimana kepuasan perkawinan pada istri yang sedang menjalani LDR (long-Distance relationship)?
2. Desain penelitian
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi.
3. Teknik pengambilan informan
Teknik pengambilan informan adalah menggunakan Purposive sampling. Pemilihan informan dalam penelitian ini, diperoleh dengan melakukan kegiatan wawancara.
Dengan kriteria informan sebagai berikut:
a. Wanita yang sudah menikah dan perkawinan di tempuh dalam kondisi jarak jauh dimana suami berada di luar pulau jauh dari keberadaan istri.
b. Usia perkawinan satu sampai lima tahun
4. Teknik pengambilan data
Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi. Tindakan selebihnya adalah data tambahan seperti dokumen. Untuk mendapatkan gambaran kepuasan dari partisipan, penelitian yang dilakukan dengan menggunakan aspek-aspek kepuasan perkawinan.
5. Teknik analisa data
Analisis data yang digunakan adalah menggunakan analisis isi (content analysis) dengan menggunakan teknik deskriptif naratif. Hasil wawancara diolah ke dalam verbatim dan kemudian dianalisis berdasarkan tema yang ditemukan. Beberapa tahap dalam analisis data yakni membahas seluruh data yang diperoleh, melakukan reduksi data, melakukan kategorisasi dan penafsiran data.
"


36. DELISA ALFRIANI

pada : 28 March 2017

"Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Tingkat Prestasi Siswa di SMA

Fenomena: Gadget merupakan suatu alat teknologi yang saat ini berkembang pesat yang memiliki fungsi khusus diantaranya yaitu smartphone, I phone dan Blackberry. Gadget dengan berbagai aplikasi dapat menyajikan berbagai media sosial, sehingga seringkali disalahgunakan oleh siswa yang dapat berdampak buruk bagi nilai akademik atau tingkat prestasi mereka.
1. Pertanyaan
Adakah hubungan penggunaan gadget dengan tingkat prestasi belajar siswa di SMA?
2. Desain penelitian
Penelitian ini adalah bentuk penelitian kuantitatif, survey analitik dengan pendekatan Crossectional
3. Teknik sampling
Cara pengambilan sampel menggunakan teknik Non-Probability Purposive sampling.
4. Teknik pengambilan data
Instrument pengumpulan data menggunakan kuesioner (multiple choice) yang dibuat sendiri untuk melihat lama waktu penggunakan gadget oleh siswa dengan kriteria 1-24 jam sehari dan observasi terstruktur untuk mengetahui tingkat prestasi siswa.
5. Teknik analisa data
Analisis data analisis bivariate dengan menggunakan uji Chi-Square.
"


37. Ari Kurniawati

pada : 28 March 2017

"Ari Kurniawati / 131611123041
Kualitatif Topik No 5
1. Bagaimana persepsi masyarakat tentang konsep pembuatan tanaman patah tulang yang benar sebagai alternative penyembuhan luka?
2. Desain penelitian adalah secara studi kasus (case study) untuk menggali pengetahuan dasar dan alamiah informan tentang pembuatan tanaman patah tulang sebagai alternative penyembuhan luka.
3. Cara pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Nonprobability samping yaitu purposive sampling, karena memilih peneliti memilih sampel di antara populasi yang sesuai dengan yang dikehendaki peneliti (tujuan/masalah dalam penelitian), sehingga sampel tersebut dapat mewakili karakteristik populasi yang telah dikenal sebelumnya. Penelitian ini menggunakan sampel yaitu masyarakat yang sering menggunakan tanaman patah tulang sebagai tanaman alternative untuk penyembuhan luka.
4. Data yang dikumpulkan merupakan data primer yang diperoleh melalui focus group discussion. Data diambil berdasarkan pengamatan subjektif dari sekelompok sasaran terhadap suatu situasi tertentu.
5. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan kemudian disajikan dalam bentuk teks naratif dalam bentuk rangkaian informasi yang bermakna dan sesuai dengan permasalahan penelitian.
6. Alasan memilih masalah ini adalah masyarakat belum mengerti benar cara membuat tanaman sebagai penyembuhan luka.

Kuantitatif Topik No 3
1. Apa pengaruh gadget terhadap kecerdasan anak SMP Negeri 01 Salatiga?
2. Desain penelitian ini menggunakan penelitian korelasi dengan penelitian cross-sectional. Dimana penelitian ini menekankan waktu pengukuran/ observasi data variable independen dan dependen hanya satu kali pada satu saat.
3. Cara pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Nonprobability samping yaitu purposive sampling, karena memilih peneliti memilih sampel di antara populasi yang sesuai dengan yang dikehendaki peneliti. Penelitian ini menggunakan sampel yaitu siswa SMP Negeri 01 Salatiga yang menggunakan gadget seperti handphone yang dibawa setiap hari saat sekolah.
4. Menggunakan lembar kuisioner untuk pengukuran lama nya menggunakan gadget dan lembar observasi dari nilai hasil belajar untuk mengetahui kecerdasan siswa SMP N 01 Salatiga.
5. Prosedur pengolahan data yang dilakukan melalui tahap cleaning, koding, skoring dan tabulating dan data dianalisis melalui prosedur analisis univariat dan analisis bivariate dengan menggunakan uji ChiSquare.
6. Alasan memilih masalah ini adalah semakin perkembangan teknologi yang membuat minat belajar siswa turun.
Terima kasih."


38. Wiwin Nur Indah Cahyani

pada : 29 March 2017

"AJ2/22/131611123068
PENELITIAN KUALITATIF TOPIK NO.1
1. Bagaimana persepsi warga usia pra lansia terhadap elder abuse (kekerasan pada lansia)?
2. Design penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif karena tujuannya untuk memperoleh pernyataan atau persepsi usia pra lansia terhadap elder abuse.
3. Dengan purposive sampling, karena pengambilan sampel dapat mewakili karakteristik populasi yang telah ditentukan sebelumnya, sesuai dengan yang dikehendaki peneliti.
4. Tenik pengambilan data dengan wawancara tatap muka karena, data yang di peroleh lebih obyektif langsung dari pernyataan responden. Analisa data dengan deskriptif yang mana menggambarkan dan meringkas hasil wawancara sesuai kecenderungan data yang diperoleh.
5. Pemilihan jenis penelitian kualitatif karena teknik ini dilakukan dengan jalan bekerja dengan data, mengorganisasikan data, memilah-milahnya menjadi satuan yang dapat dikelola, mensintesiskanya, mencari serta menemukan pola, menemukan apa yang penting dan apa yang dipelajari, untuk memutuskan apa yang dapat diceritakan kepada orang lain.
"


39. Wiwin Nur Indah Cahyani

pada : 29 March 2017

"AJ2/22/131611123068
PENELITIAN KUANTITATIF TOPIK NO.3
1. Apakah ada hubungan adiksi penggunaan gadget terdahap kebugaran anak usia sekolah?
2. Penggunaan rancangan relasionship cross-sectional, untuk mengembangkan dan menjelaskan hubungan antar variabel
3. Penentuan sampling menggunakan purposive sampling, dimana sampel yang diambil diantara populasi sesuai serta memenuhi karakteristik dengan tujuan atau masalah dalam penelitian.
4. Pengumpulan data dengan cara observasi, analisa data menggunakan korelasi spearman karena variabel lebih dari satu serta berdasar dari skala data yang ordinal serta interval.
5. Desain penelitian dengan kuantitatif karena hal ini memberikan hubungan yang fundamental antara pengamatan empiris dan ekspresi matematis dari hubungan-hubungan kuantitatif.
"


40. Rini purwanti

pada : 29 March 2017

"Penelitian Kualitatif topik 5
1.pertanyaan :
Bagaimana gambaran penyembuhan luka diabetes dengan pengobatan madu alami
2. Desain : penelitian kualitatif dengan pendekatan case study. Alasan case study merupakan design yang paling mungkin dipilih dalam penelitian ini karena peneliti bertujuan mengetahui gambaran penyembuhan luka sehingga diperlukan pengkajian yg intensive
3. Teknik pengambilan informan :purposive Sampling alasan tujuan penelitiannya hanya untuk mengetahui gambaran
4. Pengambilan data : observasi dan indept interview krn peneliti mengamati dan mengkaji lebih dalam tentang masalah penelitian
5.analisis data : Hasil wawancara dan observasi dibuat transkrip kemudian transkrip dibaca kembali untuk dilakukan reduksi.dari reduksi dibuat abstraksi dari abstraksi dikelompokkan berdasarkan kasonomi dan domain penelitian.domain adalah gambaran umim dr objek penelitian sedang taksonomi adalah domain yg dijabarkan lbh terperinci.setelah itu dilakukan interpretasi dan disajikan secara narative

Penelitian Kuantitatif topik 5
1.pertanyaan :
Bagaimana pengaruh terapi madu alami terhadap proses penyembuhan luka pasien diabetes
2. Desain penelitian : quasy eksperimen alasan disesuaikan dengam tujuan penelitian dimana peneliti ingin mengetahui pengaruh dari terapi sehingga peneliti akan membandingkan sample yg diberi perlakuan dengan yg tidak diberi perlakuan
3. Teknik sampling : purposive sampling , alasan: tujuan dr penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas pengobatan dengan madu maka dari itu dipilih purposive sampling yang sudah ditemtukan kriterianya oleh peneliti untuk menghindari bias
4. Pengambilan data : observasi alasan setelah diberi perlakuan peneliti akan melakukan observasi yg kemudian didokumentasikan
5. Analisis data : Kohort alasannya uji observasional dan di follow up pada periode tertentu sehingga diketahui ada tidaknya pengaruh"


41. Rini purwanti

pada : 29 March 2017

"Penelitian Kualitatif topik 5
1.pertanyaan :
Bagaimana gambaran penyembuhan luka diabetes dengan pengobatan madu alami
2. Desain : penelitian kualitatif dengan pendekatan case study. Alasan case study merupakan design yang paling mungkin dipilih dalam penelitian ini karena peneliti bertujuan mengetahui gambaran penyembuhan luka sehingga diperlukan pengkajian yg intensive
3. Teknik pengambilan informan :purposive Sampling alasan tujuan penelitiannya hanya untuk mengetahui gambaran
4. Pengambilan data : observasi dan indept interview krn peneliti mengamati dan mengkaji lebih dalam tentang masalah penelitian
5.analisis data : Hasil wawancara dan observasi dibuat transkrip kemudian transkrip dibaca kembali untuk dilakukan reduksi.dari reduksi dibuat abstraksi dari abstraksi dikelompokkan berdasarkan kasonomi dan domain penelitian.domain adalah gambaran umim dr objek penelitian sedang taksonomi adalah domain yg dijabarkan lbh terperinci.setelah itu dilakukan interpretasi dan disajikan secara narative

Penelitian Kuantitatif topik 5
1.pertanyaan :
Bagaimana pengaruh terapi madu alami terhadap proses penyembuhan luka pasien diabetes
2. Desain penelitian : quasy eksperimen alasan disesuaikan dengam tujuan penelitian dimana peneliti ingin mengetahui pengaruh dari terapi sehingga peneliti akan membandingkan sample yg diberi perlakuan dengan yg tidak diberi perlakuan
3. Teknik sampling : purposive sampling , alasan: tujuan dr penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas pengobatan dengan madu maka dari itu dipilih purposive sampling yang sudah ditemtukan kriterianya oleh peneliti untuk menghindari bias
4. Pengambilan data : observasi alasan setelah diberi perlakuan peneliti akan melakukan observasi yg kemudian didokumentasikan
5. Analisis data : Kohort alasannya uji observasional dan di follow up pada periode tertentu sehingga diketahui ada tidaknya pengaruh"


42. Maria Wahyu M. P.

pada : 29 March 2017

"Topik: Gadget pada Anak Usia Sekolah
Penelitian Kualitatif
1. Pertanyaan penelitian: bagaimana pengaruh penggunaan gadget terhadap perkembangan psikososial anak usia sekolah?
2. Desain penelitian: study case control
Alasan: karena dalam penelitian ini bertujuan untuk melihat efek dari suatu faktor risiko. Atau studi analitik menyangkut bagaimana faktor risiko dipelajari dengan menggunakan metode retrospective.
3. Teknik sampling: purposive sampling
Alasan: pemilihan sampel didasarkan atas ciri-ciri tertentu, dengan kata lain unit sampel disesuaikan dengan kriteria-kriteria tertentu yang diharapkan berdasarkan tujuan penelitian.
4. Teknik pengambilan data: kuesioner dan check-list
5. Analisis data: statistik inferensial
Alasan: sebuah stastistik yang dipakai untuk melakukan sebuah analisis dengan cara membuat sebuah kesimpulan.
"


43. Heny SulistyariniAJ

pada : 29 March 2017

"Heny Sulistyarini
Aj 1/40/131611123040
INFERTILITAS PADA PEREMPUAN
Penelitian Kualitatif
1.Pertanyaan : Bagaimana proses penerimaan seorang wanita menghadapi kondisi infertilitasnya.
2. Desain penelitian :fenomenologi (memahami arti peristiwa dan kaitannya terhadap orang orang yang
Berada dalam situasi tertentu.
3. Teknik sampling : purposive sampling,yaitu teknik penentuan sampling dengan pertimbangan kriteria
Tertentu sesuai tujuan penelitian.
4. Teknik pengambilan data : wawancara dengan obyek penelitian, observasi dan dokumentasi.Wawancara dengan pertanyaaan terbuka dan luas.Observasi dengan cara tidak terstruktur.
5. Analisa data
Menggunakan teknik proses Miles dan Huberman,yaitu menggambarkan situasi yang terjadi di saat pengumpulan data,penyajian dan kesimpulan.
6. Alasan pemilihan topic
Mengetahui tahap tahap proses penerimaan seorang wanita menghadapi kondisi infertil"


44. Awalludin Suprihadi Putra

pada : 29 March 2017

"AJ1/07/131611123007
PENELITIAN KUALITATIF NO.1
1.Apakah kekerasan pada lansia merupakan dampak dari kekerasan yang didapat dari pelaku kekerasan?
2.desain penelitian adalah dengan analisa sejarah dari pelaku kekerasan yang didapat.
3.Tenik pengambilan data dengan wawancara tatap muka karena, data yang di peroleh lebih obyektif langsung dari pernyataan responden.
4. Cara pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Nonprobability samping yaitu purposive sampling, karena memilih peneliti memilih sampel di antara populasi yang sesuai dengan yang dikehendaki peneliti (tujuan/masalah dalam penelitian), sehingga sampel tersebut dapat mewakili karakteristik populasi yang telah dikenal sebelumnya.
5.Teknik analisa data
Analisis data yang digunakan adalah menggunakan analisis isi (content analysis) dengan menggunakan teknik deskriptif naratif. Hasil wawancara diolah ke dalam verbatim dan kemudian dianalisis berdasarkan tema yang ditemukan. Beberapa tahap dalam analisis data yakni membahas seluruh data yang diperoleh, melakukan reduksi data, melakukan kategorisasi dan penafsiran data."


45. Awalludin Suprihadi Putra

pada : 29 March 2017

"AJ1/07/131611123007
PENELITIAN KUANTITATIF NO.3
1.Adakah hubungan antara penggunaan gadget terhadap pekembangan anak?
2.Desain penelitian ini menggunan
kan retrospektif karena jika menggunakan cross sectional maka dibutuhkan waktu yang lama untuk meneliti adanya gangguan terhadap perkembangan anak.
3.Penentuan sampling menggunakan purposive sampling, dimana sampel yang diambil diantara populasi sesuai serta memenuhi karakteristik dengan tujuan atau masalah dalam penelitian.
4.pengumpulan data dengan cara observasi untuk mendeteksi gangguan pada perkembangan anak dan kuesioner untuk mengetahui lama, intensitas dan frekuensi dari penggunaan gadget perhari?
5.Prosedur pengolahan data yang dilakukan melalui tahap cleaning, koding, skoring dan tabulating dan data dianalisis melalui prosedur analisis bivariate dengan menggunakan uji ChiSquare.
6. Alasan memilih masalah ini adalah perkembangan teknologi dapat menghambat perkembangan anak oleh karena stimulus lbih bersifat pasif."


46. RINA AFRIANI

pada : 29 March 2017

"AJ1/B19/38/13161123038
PENELITIAN KUANTITATIF Topik 2
1. Pertanyaan : Pengaruh Long-Distance relationship dengan suami atau istri terhadap tingkat prestasi mahasiswa alih jenis keperawatan?
2. Desain : Desain pada penelitian ini menggunakan metode Deskriptif Korelasional agar di temukan suatu gambaran tingkat hubungan yang objektif antar variabel tanpa ada intervensi maupun manipulasi
3. Teknik sampling : Nonprobability sampling-Purposive sampling,karena teknik pengambilan sampel nya disesuai kriteria yang di tetapkan peneliti (tujuan atau masalah penelitian),agar sampel tersebut tepat dan akurat sehingga mampu mewakili karakteristik populasi yang di teliti.
Contoh : karena peneliti mencari pengaruh Long-Distance relationship dengan suami atau istri terhadap tingkat prestasi mahasiswa alih jenis keperawatan,kriteria sampel yang di tetapkan peneliti yaitu,
~ subjek adalah mahasiswa alih jenis keperawatan
~ subjek sudah menikah
~ pasangan subjek berada di luar pulau jawa
~ subjek jarang bertemu langsung dengan pasangan
4. Teknik pengambilan data : wawancara dan observasi
5. Analisis data : Wilcoxon signed rank test
PENELITIAN KUALITATIF
1. Pertanyaan : apasaja masalah psikologis yang di alami mahasiswi alih jenis keperawatan yang menjalani hubungan LDR dengan anaknya?
Bagaimana koping mahasiswi untuk mengatasi masalah psikologis saat menjalani hubungan LDR dengan anak.
2. Desain: Studi kasus-Deskriptip
3. Teknik Sampling : Purposive sampling, karena teknik pengambilan sampel nya disesuai kriteria yang di tetapkan peneliti (tujuan atau masalah penelitian),agar sampel tersebut tepat dan akurat sehingga mampu mewakili karakteristik populasi yang di teliti.
4. Teknik pengambilan data : Wawancara tidak terstruktur-Fokus Interview,tujuan nya agar subjek bisa lebih leluasa mengungkapkan perasaan nya,tidak hanya pertanyaan ya atau tidak.
5. Analisis data : Teknik Analisis Deskriptif,data hasil disajikan dengan orisinil,dan apa adanya,tanpa intervensi.

"


47. Nur Sayyid J R

pada : 29 March 2017

"B19
AJ 1
131611123024


Kuantitatif
1. Bagaimana perbedaan prestasi sekolah antara anak yang memakai gadget dengan tidak?
2. Desain penelitian menggunakan quasy eksperimental karena peneliti ingin membandingkan prestasi belajar anak yang memakai gadget dengan tidak.
3. Teknik pengambilan sampling menggunakan purposive sampling karena peneliti memilih sampel diantara populasi yang sesuai dengan karakteristik yang dikehendaki oleh peneliti sehingga sampel tersebut dapat mewakili karekteristik populasi yang dikenal sebelumnya.
4. Teknik pengmabilan data berupa wawancara terstruktur dan observasi karena wawancara terstruktut dipilih karena peneliti telah memiliki pertanyaan dan jawaban yang dipersiapkan, kemudian peneliti mengobservasi tindakan yang telah dilakukan responden dari hasil wawancara.
5. Analisis data memakai mann whitney U test adalah uji non parametris yang digunakan untuk mengetahui perbedaan median 2 kelompok bebas apabila skala data variable terikatnya adalah ordinal atau interval/raio tetapi tidak berdistribuasi normal.
6. Alasan sudah ditambah disetiap pointnya.
Kualitatif
1. Bagaimana peran orang tua dalam mengatasi anak yang kecanduan bermain gadget?
2. Desain penelitian menggunakan deskriptif karena peneliti memaparkan kejadian-kejadian penting secara sistematik dengan data factual.
3. Teknik pengambilan sampling menggunakan purposive sampling karena peneliti memilih sampel diantara populasi yang sesuai dengan karakteristik yang dikehendaki oleh peneliti sehingga sampel tersebut dapat mewakili karekteristik populasi yang dikenal sebelumnya.
4. Teknik pengmabilan data berupa wawancara terstruktur dan observasi karena wawancara terstruktur dipilih karena peneliti ingin mengetahui peran orang tua unutk mengatasi kecanduan anak yang bermain gadget, kemudian peneliti mengobservasi tindakan yang telah dilakukan responden dari hasil wawancara.
5. Analisis data ini memakai spreadley karena upaya peneliti untuk memperoleh gambaran umum tentang data untuk menjawab fokus penelitian. Caranya ialah dengan membaca naskah data secara umum dan menyeluruh untuk memperoleh domain atau ranah apa saja yang ada di dalam data tersebut.
6. Alasan sudah ditambah disetiap pointnya.
"


48. Anggar Dwi Untari

pada : 29 March 2017

"Nama : Anggar Dwi Untari
NIM : 131611123004
Kelas : B19/AJ1
Topik 5: Penyembuhan luka dengan bahan alam
Jenis Penelitian : Kuantitatif
1. Pertanyaan Penelitian : Bagaimana efektifitas pengobatan madu alami terhadap penyembuhan luka Infeksi Kaki Diabetik (IKD) di wilayah kerja Puskesmas Binangun?
2. Desain Penelitian : Quasy Experiment , karena rancangan ini menggunakan kelompok kontrol dan kelompok pembanding
3. Teknik sampling: Total sampling yaitu mengambil semua sampel yang ada di Wilayah kerja Puskesmas Binangun
4. Teknik pengambilan data dengan cara observasi dimana mengobservasi adanya efektifitas madu alami terhadap penyembuhan luka IKD pada kelompok kontrol dan kelompok pembanding
5. Analisis data : Analisis bivariat yaitu analisis secara simultan dari 2 variabel. Setelah itu Uji Mann Whitney karena membandingkan beda 2 mean antar variabel
"


49. Alfret Bonifacius Ulu Berek

pada : 29 March 2017

"maaf ibu saya koreksi tugas saya yang pertama itu penelitian Kuantitatif sedangkan penelitian Kualitatifnya adalah tentang Penyembuhan luka dengan bahan alami:
1. Mengapa Terjadi Penyembuhan luka dengan bahan Alami??
2. design Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Eksploratif yang bertujuan untuk menyelidiki suatu masalah atau situasi untuk mendapatkan pengetahuan dan pemahaman yang baik dan mendalam tentang penyembuhan luka dengan bahan alam.
3. teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling- convenience sampling yang tidak memberi peluang atau kesempatan bagi setiap unsur atau anggota populasi untuk dipilih menjadi sampel.
informasi akan dikumpulkan dari anggota populasi yang ditemui peneliti dengan mudah untuk memberi informasi tersebut.
4. teknik pengambilan data yang digunakan adalah wawancara dan tatap muka.
5. teknik analisa data Kualitatif dengan Komputer
Analisis data dengan computer umumnya menggunakan model NUD*IST. QRS NUD*IST (Non Numerical Unstructures Data Indexing Searching And Teori Building) adalah system software yang fungsional yang berfungsi jamak untuk mengembangkan, menunjang, dan manajemen proyek analisis data kualitatif."


50. Anggar Dwi Untari

pada : 29 March 2017

"Nama : Anggar Dwi Untari
NIM : 131611123004
Kelas : B19/AJ1
Topik 5: Penyembuhan luka dengan bahan alam
Jenis Penelitian : Kuantitatif
1. Pertanyaan Penelitian : Bagaimana efektifitas pengobatan madu alami terhadap penyembuhan luka Infeksi Kaki Diabetik (IKD) di wilayah kerja Puskesmas Binangun?
2. Desain Penelitian : Quasy Experiment , karena rancangan ini menggunakan kelompok kontrol dan kelompok pembanding
3. Teknik sampling: Total sampling yaitu mengambil semua sampel yang ada di Wilayah kerja Puskesmas Binangun
4. Teknik pengambilan data dengan cara observasi dimana mengobservasi adanya efektifitas madu alami terhadap penyembuhan luka IKD pada kelompok kontrol dan kelompok pembanding
5. Analisis data : Analisis bivariat yaitu analisis secara simultan dari 2 variabel. Setelah itu Uji Mann Whitney karena membandingkan beda 2 mean antar variabel
"


51. titah khalimatus s

pada : 29 March 2017

"Penelitian Kualitatif B-1: Kekerasan/ penelantaran lansia (abuse)
1. Pertanyaan: Bagaimana peran serta perawat puskesmas dalam menangani penelantaran pada lansia?
2. Desain penelitian: Deskriptif. Peneliti memaparkan peristiwa peristiwa penting yang terjadi saat ini secara sistematis dan menekankan pada data faktual
3. Tehnik sampling: Non prabability-purposive sampling. Pengambilan responden dapat mewakili karakteristik populasi yang telah ditentukan sebelumnya sesuai dengan yang dikehendaki peneliti
4. Tehnik pengambilan data: wawancara terstruktur dan observasi karena peneliti telah memiliki pertanyaan dan kategori jawaban yang telah dipersiapkan kemudian peneliti mengobservasi untuk menilai tindakan yang telah dilakukan responden dari hasil wawancara
5. Analisis data menggunakan model Spradley karena mencakup keseluruhan proses penelitian yang terdiri dari pengamatan deskriptif, analisis domain, pengamatan terfokus, analisis taksonomi, pengamatan terpilih dan analisis tema
6. Alasan pengambilan pilihan: untuk mengetahui peran perawat puskesmas dalam menangani kejadian penelantaran pada lansia
"


Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :