RR DIAN TRISTIANA


Thing That Never Change is Changes

JANGANLAH KITA TERLALU BERHARAP KEPADA MANUSIA.

      Anisa selalu menolong temannya, apapun yang Anisa bisa lakukan untuk membantu temannya seringkali ia lakukan, Anisa berharap dengan dia membantu teman-temannya suatu saat jika anisa butuh bantuan maka teman-temannya akan membantu balik Anisa. Memang tidak ada yang salah dengan harapan Anisa, namun ketika harapan tersebut tidak bisa terpenuhi *seandainya teman yang Anisa bantu, tidak mau.bisa membantu Anisa ketika dibutuhkan* maka kekecewaan dan sakit hati yang akan anisa dapatkan.

      Mungkin kita pernah mendengar cerita dari saudara, teman ataupun orang lain yang pernah merasa tersakiti atau tidak terima dengan orang lain yang pernah dia tolong. Seperti cerita fiktif di atas. Jadi apa yang keliru? Tak ada yang keliru dari perbuatan baik membantu orang lain. Namun yang keliru adalah niatan-nya, membantu orang lain dengan mengharap orang lain akan membantu balik itulah yang keliru.

     Tidak masalah jika memang kita berlaku demikian, namun ketika orang yang dibantu tidak membalas sesuai apa yang kita harapkan maka kita akan kecewa, marah, tidak terima, dsb inilah yang keliru. Cukup niatan membantu orang lain dengan ikhlas dan yakin bahwa perbuatan baik kita ke orang lain tidak akan pernah sia-sia, tanpa mengharap balasan dari orang yang kita bantu. Ali bin Abi Thalib pun bernah berkata “Aku sudah pernah merasakan segala kepahitan dalam hidup, dan yang paling pahit adalah berharap kepada manusia”. Jadi berhenti berharap pada manusia, serahkan segala sesuatu pada Allah SWT, ikhlas, dan niatkan segala sesuatu karena Allah SWT.


1. andika fajar

pada : 30 March 2017

"Setujuuuu"


Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :